Cara Mendaftar Menjadi Agen PPOB
Cara Mendaftar Menjadi Agen PPOB

Cara Mendaftar Menjadi Agen PPOB

Apakah Anda sering kesulitan dalam membayar sejumlah tagihan, dikarenakan Anda tidak memiliki waktu untuk mengantre? Mengapa Anda tidak mencoba untuk menjadi agen PPOB saja. Selain bisa membayar tagihan Anda sendrii, Anda juga bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Namun bagaimana cara menjadi agen PPOB ini?

Apa Itu PPOB? dan Bagaimana Cara Menjadi Agen PPOB?

Payment Pointment Online Bank atau yang lebih dikenal dengan PPOB, merupakan salah satu layanan yang memungkinkan setiap orang bisa melakukan pembayaan tagihan, yang bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu. Dimana tempat pembayaran yang dimaksud dikenal dengan agen PPOB, yang telah bekerjasama dengan pihak perbankan sebelummya, melalui pihak lainnya, yang dikenal dengan vendor PPOB.

Dengan kata lain, setiap orang bisa menjadi agen PPOB, dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran menjadi agen PPOB. Namun bagaimana caranya? Ini dia langkah-langkahnya!

1.Menghubungi Vendor Penyedia PPOB        

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menghubungi pihak penyedia PPOB (vendor). Saat ini telah banyak vendor yang menawarkan kerjasama dalam memberikan layanan pembayaran tagihan PPOB. Dengan kata lain, Anda bisa memilih vendor yang menurut Anda bisa memberikan layanan yang lengkap, serta menawarkan proses transaksi yang mudah dan cepat.

Anda bisa mencari vendor yang dimaksud melalui intenet, ataupun dari rekomendasi teman maupun agen PPOB lainnya. Barulah jika dirasa telah menemukan vendo yang tepat, maka Anda bisa segera menghubunginya.

Baca Juga  Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terbaik 2021

2. Tanyakan Mengenai Layanan dan Informasi Mengenai Besaran Deposit Serta Top Up Saldo

Jika pada pendaftaran menjadi agen BRILink, salah satu Cara Menjadi Agen BRILink ini dengan membuka rekening BRI terlebih dahulu. Maka tidak demikian dengan menjadi agen PPOB. Hanya saja, Anda perlu  menanyakan informasi mengenai layanan yang diberikan serta informasi mengenai besaran deposit ataupun top up saldo yang harus Anda bayarkan nantinya, sebagai cara mendaftar menjadi agen PPOB.

Hal ini penting dilakukan, mengingat tidak semua vendor memberikan layanan pembayaran tagihan secara lengkap. Karena seperti diketahui, ada beberapa diantaranya yang hanya menyediakan layanan pembayaran berupa tagihan PLN, BPJS, PDAM, serta telepon.

Namun tidak memberikan layanan pembayaran untuk tagihan tv kabel/internet, voucher game, ataupun tagihan pajak misalnya. Sementara para pelanggan Anda umumnya membutuhkan layanan tersebut.

Selain menanyakan mengenai layanan yang diberikan, sangat penting bagi Anda untuk menanyakan mengenai jumlah minimum deposit dan juga top up saldo. Hal ini dilakukan, untuk menentukan mengenai besaran modal yang perlu Anda persiapkan nantinya.

3. Mengisi Fomulir Pendaftaran/Menginstal Aplikasi

Ada beberapa vendor PPOB yang menawarkan cara mendaftar menjadi agen PPOB dengan mengisi formulir pendaftaran, maupun dengan menggunakan aplikasi. Dengan kata lain, jika vendo yang Anda pilih menetapkan aturan pendaftaran dengan cara mengisi formulir pendaftaran, maka Anda bisa mengisi formulir pendaftaran tersebut sesuai dengan data yang diminta.

Namun jika vendor tersebut memiliki aplikasi khusus, maka langkah yang tepat yaitu dengan menginstal aplikasi yang dimaksud. Karena biasanya, aplikasi tersebut isa digunakan untuk melakukan pendaftaran menjadi agen PPOB. Bahkan nantinya, aplikasi tersebut juga bisa Anda gunakan untuk melakukan top up saldo, hingga melakukan sejumlah transaksi lainnya.

Baca Juga  Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias?

4. Melakukan Deposit

Jika proses pendaftaran tersebut telah disetujui, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melakukan deposit. Anda bisa melakukan deposit ini melalui transfer bank, virtual account, e-wallet, maupun dengan melakukan pembayaran deposit via minimaket.

Dengan melakukan cara mendaftar menjadi agen PPOB diatas, maka kini, Anda telah bisa melakukan transaksi pembayaran tagihan PPOB. Barulah nantinya, setelah bisnis Anda tersebut telah berjalan dengan lancar, maka Anda bisa melakukan top up saldo, untuk memudahkan Anda dalam melakukan sejumlah transaksi lainnya.

Ada baiknya juga jika Anda memilih vendor PPOB yang telah memiliki aplikasi khusus. Karena selain bisa melakukan pendaftaran sebagaimana cara mendaftar menjadi agen PPOB yang telah dijelaskan diatas, Anda juga bisa melakukan semua transaksi, top up saldo, hingga pembuatan laporan keuangan, hanya dengan mengandalkan 1 aplikasi saja.