Bingung Ditunjuk Menjadi Khatib? Ikuti Contoh Naskah Ceramah Tarawih Berikut Ini!

BacaTimes.com – Belakangan contoh naskah ceramah tarawih menjadi salah satu hal yang banyak dicari karena bulan Ramadhan semakin mendekat.

Contoh naskah ceramah tarawih biasanya dicari oleh pemuda yang beranjak dewasa atau juga oleh siswa yang diminta untuk membuat ceramah sebagai bagian dari tugas sekolah.

Melalui contoh naskah ceramah tarawih berikut ini, kalian bisa membuat ceramah sederhana sendiri dengan mengubah beberapa bagian agar sesuai dengan tema yang dipilih.

Langsung saja, berikut contoh ceramah yang bisa ditiru.

Baca Juga  Arti Kata-Kata Putin Uraa di Akhir Pidato yang Viral di TikTok

Contoh Naskah Ceramah Tarawih Ramadhan

Hadirin yang berbahagia, tanpa terasa kita hampir satu tahun lamanya kita hidup di muka Bumi ini tanpa menjalani bulan Ramadhan, atau juga yang biasa disebut sebagai puasa.

Bulan mulia yang dirindukan oleh semua umat muslim di seluruh dunia ini akhirnya kembali menyentuh dan menyegarkan rohani kita dengan segala keistimewaan yang dijanjikannya.

Ramadhan adalah waktu terbaik untuk memperkuat taqwa kita dan menyempurnakan berbagai ibadah yang mungkin, sebagian kita lalaikan dengan sengaja atau tidak sengaja.

Tentunya ibadah yang dimaksud termasuk ibadah shaum, atau puasa yang hanya diwajibkan satu tahun sekali selama 28 atau 29 hari berturut-turut.

Sesuai dengan perintah dalam Al-Qur’an, yaitu Al-Baqoroh ayat kedua,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Dan di sini bisa disimpulkan bahwa taqwa dan ibadah memiliki kesinambungan, yaitu hubungan yang saling memperkuat dan merupakan bagian dari menjadi umat muslim yang baik, yaitu sesuai yang dicontohkan Baginda Rasulullah SAW.

Demikian khotbah tarawih yang singkat ini, mudah-mudahan ada hikmah yang bisa kita tarik dan semoga ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca Juga  Ramadhan Mendekat, Sudahkah Anda Hafalkan Doa Berbuka Puasa Rasulullah Berikut Ini?

Penutup

Demikian contoh isi ceramah yang bisa diubah, disimpulkan, atau bisa diperpanjang kembali sesuai dengan keperluan masing-masing.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca, sampai jumpa lagi di artikel-artikel menarik berikutnya.

***