Ini Dia 7 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan! Tidak Hanya Makan dan Minum

Bacatimes.com – Sebelum menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan, ada baiknya mengingat kembali beberapa hal yang membatalkan puasa kita.

Agar ibadah diterima secara penuh oleh Allah SWT, kita perlu menghindari hal yang membatalkan puasa kita selaku umat Muslim di bulan Ramadhan.

Beberapa tokoh Muslim terpelajar telah menjelaskan beberapa hal yang membatalkan puasa dan sepatutnya kita hindari selama menunaikan ibadah.

Perlu diperhatikan jika ada beberapa hal selain makan dan minum saja yang bisa membatalkan ibadah puasa kita saat Ramadhan.

 

Baca Juga  Analisis JKON Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E, Masih Layak Dikoleksi?

 

Minum atau Makan dengan Sengaja

Di dalam kitab suci Al-Qur’an jika makan atau minum dengan sengaja saat sedang menunaikan ibadah puasa akan membatalkannya saat itu juga.

Tidak hanya itu saja, dijelaskan lebih detail jika masuknya segala lewat lubang tubuh pada waktu berpuasa akan membatalkan ibadah kita.

Tetapi, perlu diperhatikan juka jika kegiatan tersebut bisa membatalkan puasa kita jika dilakukan pada siang hari dengan sengaja.

Jika lupa, itu artinya kita tidak sengaja makan atau minum dan hal ini tidaklah membatalkan puasanya dan ibadah kita tetap sah

Al-Qur’an menjelaskan, ‘Dan tidak ada dosa atasmu jika kamu khilaf tentang itu, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang’

 

Baca Juga  Apa Itu I COIN Token Buatan Anak Ustaz Yusuf Mansur? Ini Dia Penjelasannya!

 

Berhubungan Badan

Selain makan dan minum, melakukan hubungan intim dengan sengaja di antara waktu fajar terbit hingga matahari terbenam juga membatalkan ibadah puasa kita.

Jika ada suami istri yang melakukan kegiatan seksual pada waktu puasa berlangsung, maka mereka wajib mengganti puasa yang batal di luar bulan Ramadhan.

Beberapa cendekiawan Islam juga memperingati tentang bahaya perilaku seksual selama waktu puasa karena pelukan atau ciuman dapat memicu perbuatan tersebut.

Jika ada yang batal puasanya karena berhubungan intim, mereka harus melakukan Kaffara atau memberi makan 60 orang atau berpuasa terus-menerus selama 60 hari.

Selain dua hal di atas tadi, beberapa perbuatan ini juga bisa membatalkan ibadah puasa kamu:

  1. Muntah dengan sengaja
  2. Masturbasi
  3. Haid atau nifas
  4. Gila (Junun)
  5. Keluar dari Islam (Murtad)

 

Baca Juga  Mainkan Space Crypto dan Dapatkan Koinnya Tanpa Harus Investasi!

 

Penutup

Itu dia beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadhan dan wajib kamu hindari agar ibadah dapat diterima secara sempurna.

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, selamat menunaikan ibadah puasa!

 

***