STB Kominfo bacatimes

Syarat Mendapatkan STB Gratis dari Kominfo Yang Resmi Yang Punya Cicilan Rumah & Mobil Minggir Dulu

Mulai hari Rabu, (22 November 2022) kemarin, sebanyak 222 daerah termasuk kawasan Jabodetabek telah secara resmi bermigrasi ke siaran Televisi Digital. Di hari tersebut juga secara resmi siaran tv analog dimatikan.

Dengan begini, bagi para pemilik TV tabung dan ingin menyaksikan siaran televisi pun harus memiliki alat bernama Set Top Box (STB). Bagi anda yang belum memilikinya, maka ada cara mendapatkan STB gratis yang bisa anda lakukan.

Sebelumnya perlu anda ketahui, jika STB ini merupakan sebuah alat pengonversi sinyal digital menjadi sebuah gambar dan suara, sehingga nantinya bisa ditampilkan pada TV analog. Adapun bagi masyarakat kurang mampu, pihak Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan STB gratis.

Namun cara mendapatkan STB gratis ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah mereka yang masuk dalam kelompok rumah tangga miskin (RTM) atau rumah tangga yang memiliki tingkat kesejahteraan masuk dalam 10 persen terendah.

STB Gratis dari Pemerintah Daftar BBM Bansos 600RIbu

Pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan STB gratis tersebut? dan apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Cara Mendapatkan STB Gratis dari Kominfo

Seperti yang sudah kami singgung di atas tadi, jika Kominfo memberikan subsidi berupa STB gratis ini hanya kepada kelompok RTM saja. Sehingga untuk jumlah yang dibagikan pun terbatas, namun jumlahnya sangat banyak, mencapai sekian juta unit. Jadi Jangan berharap yang punya cicilan mobil dan rumah akan mendapatkannya.

Nah untuk cara mendapatkan STB gratis ini pertama-tama anda harus mengecek data dari Kominfo terlebih dahulu, apakah anda masuk kedalam catatan sebagai RTM tersebut. Untuk mengeceknya bisa simak di bawah ini :

  • Siapkan NIK KTP anda
  • Kunjungi laman cekbantuanstb.kominfo.go.id melalui browser di smartphone
  • Silahkan anda masukkan NIK KTP calon penerima¬†Set Top Box
  • Selanjuntya anda ketik kode yang muncul di layar
  • Terakhi tap tombol PENCARIAN.
  • Tunggu beberapa saat
Baca Juga  Video Istri Joget di Depan Suami yang Lumpuh Tuai Hujatan, Ini Kisah Haru Dibaliknya!
Daftar BBM Bansos 600RIbu

Jika nantinya data anda muncul sebagai penerima STB gratis dari pemerintah, maka langkah selanjutnya bisa menghubungi nomor call center 159. Atau anda bisa mengunjungi langsung Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB.

Untuk cara mendapatkan STB gratis dengan datang langsung ke Posko, anda harus membawa KTP dan KK asli sebagai persyaratan pengambilan STB gratis tersebut.

Daftar BBM Bansos 600RIbu