Jenis Usaha yang Booming di Tahun 2022
Jenis Usaha yang Booming di Tahun 2022

Jenis Usaha yang Booming di Tahun 2022

Disadari atau tidak,  ada banyak jenis usaha yang booming di tahun 2022 ini. Beberapa diantaranya merupakan jenis usaha yang telah lama ada. Namun tak jarang juga, ada beberapa diantaranya merupakan jenis usaha yang baru didirikan, yang kemudian mendapatkan tempat yang cukup baik di kalangan masyarakat Indonesia. Apa sajakah jenis usaha yang dimaksud?

Jenis Usaha yang Booming di Tahun 2022

Tahun 2022 akan berakhir dalam hitungan minggu. Namun sebelum tahun ini berakhir, tak ada salahnya jika kita mengintip kembali mengenai hal-hal yang sempat booming di tahun ini. Termasuk mengenai jenis usaha yang booming di tahun 2022 ini.

Siapa tahu! Jenis usaha tersebut bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda pilih di tahun 2023 yang akan datang! Apa sajakah jenis usaha yang sempat booming di tahun 2022 ini?

1.Jenis Usaha Makanan dan Minuman Kekinian (Food and Beverage)             

Mungkin di tahun 2022 ini, Anda sering melihat beberapa jenis usaha yang menjual produk makanan dan minuman kekinian. Seperti diantaranya Ide Usaha Franchise Minuman Boba, chesee tea, , es kopi, ayam geprek, bakso cumi, steam boat, corn dog, dan yang lainnya.

Bisa dibilang, hampir semua jenis usaha Food and Beverage (FnB) di tahun 2022 ini diwarnai dengan beragam jenis usaha yang menjual aneka ragam minuman dan makanan kekinian, yang tengah viral di tahun tersebut. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan kerjasama dalam bentuk franchise, dengan biaya franchise yang berbeda-beda.

Baca Juga  Persyaratan untuk Menjadi Seller Lazada

2. Jenis Usaha Tanaman Hias              

Di masa pandemi lalu, banyak pelaku usaha yang mulai tertarik untuk membuka usaha tanaman hias. Hal ini juga kemudian berlanjut di tahun 2022 ini. Jenis usaha tanaman hias dianggap jenis usaha yang booming di tahun 2022 ini.

Dikarenakan di tahun tersebut, banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk berkebun dan bercocok tanam, sebagai imbas dari ditetapkannya aturan stay at home, pada masa pandemi yang lalu. Beberapa tanaman hias yang sempat booming kala itu yaitu Aglonema, Puring, Janda Bolong, Sri Rezeki, dan yang lainnya.

3. Bisnis Parcel               

Selain kedua jenis usaha diatas, jenis usaha yang booming di tahun 2022 lainnya yaitu bisnis parcel. Ada beragam produk yang bisa Anda buat menjadi sebuah parcel. Misalnya buah-buahan, perabotan rumah tangga, boneka, aneka makanan dan minuman ringan, hingga parcel dalam bentuk uang kertas.

Bisnis parcel menjadi salah satu ide usaha yang menjanjikan di tahun 2022 ini, mengingat banyaknya acara pelulusan dan perayaan yang mulai mengenalkan parcel sebagai souvenir maupun kado ulangtahun dan pernikahan.

Bukan hanya itu saja, bisa dibilang, bisnis yang satu ini masih akan bertahan hingga tahun 2023 nanti. Oleh karena itu, tak ada salahnya juga jika Anda mencoba untuk menekuni bisnis yang sangat menjanjikan ini.

4. Reseller dan Dropshiper

Jenis usaha lainnya yang sempat booming di tahun 2022 ini yaitu menjadi reseller dan dropshiper. Keduanya merupakan sebutan yang diberikan kepada seseorang yang menjual barang dari pihak lain, yang umumnya, barang/produk tersebut telah memiliki nama yang cukup dikenal masyarakat.

Hanya saja, jika reseller biasanya diharuskan untuk membeli terlebih dahulu produk/barang yang akan Anda jual. Tentunya, dengan harga yang lebih murah. Maka jika Anda memilih untuk menjadi dropshiper, maka Anda tidak membutuhkan modal sedikitpun.

Baca Juga  Rekomendasi Franchise Eskrim 2023

Dalam arti, sebagai dropshiper, Anda hanya tinggal menawarkan barang/produk yang dijual oleh produsen/penjual. Sementara untuk proses pengemasan dan pengiriman barang, sepenuhnya dilakukan oleh owner/penjual. Anda hanya tinggal menerima komisi, bilamana proses jual beli tersebut telah selesai dilakukan.

Selain ke-4 jenis usaha tersebut, jenis usaha yang booming di tahun 2022 yang lainnya yaitu usaha cofee shop, barbershop, agen pembayaran tagihan (Bri-Link), katering, jenis usaha ikan hias, hingga investasi Kripto. Bisa dipastikan, dari jenis-jenis usaha tersebut, beberapa diantaranya masih akan tetap bertahan di tahun 2023 yang akan datang.