Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan dengan Modal 50 Juta
Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan dengan Modal 50 Juta

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan dengan Modal 50 Juta

Banyak yang bilang jika setelah pensiun, kita tidak bisa produktif dan hanya bisa mengandalkan uang pensiun saja. Benarkah demikian? Tidak juga, karena pensiunan juga bisa membuka salah satu ide usaha yang cocok untuk pensiunan dengan modal 50 juta berikut ini, untuk menambah penghasilan. Apa saja ide usaha yang dimaksud? Kamu bisa mengetahui beberapa diantaranya dengan menyimak pembahasan di bawah ini.

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan dengan Modal 50 Juta

Meskipun seorang pensiunan sudah tidak bisa lagi dikatakan muda. Namun bukan berarti, seorang pensiunan tidak lagi bisa produktif. Karena buktinya, masih banyak pensiunan yang memiliki bisnis/usaha sendiri.

Dengan demikian, mereka masih memiliki penghasilan tambahan, dan tidak hanya sekedar mengandalkan uang pensiun saja. Bagi kamu yang memiliki orangtua dan saudara yang mulai memasuki masa pensiun, maka kamu bisa merekomendasikan ide usaha dengan modal 50 juta berikut ini, yang bisa mendatangkan keuntungan bagi pensiunan, dan juga keluarganya.

Beberapa ide usaha yang cocok untuk pensiunan dengan 50 juta tersebut antara lain:

1.Warung Sembako                              

Warung sembako merupakan salah satu ide usaha yang paling tepat bagi pensiunan. Dimana dalam kesehariannya, orangtua/saudaramu yang mulai memasuki pensiun bisa mengelola bisnis tersebut sendiri, ataupun dibantu oleh 1-2 orang karyawan.

Dengan modal 50 juta, kamu bisa menyarankan mereka untuk melengkapi toko/warung mereka dengan berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur, terigu, mie instan, serta berbagai kebutuhan mandi serta kebutuhan dapur.

Baca Juga  Berapa Biaya Franchise JNE?

Bila memungkinkan, kamu juga bisa menyarankan mereka untuk menyediakan gas LPG, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memang terbiasa menggunakan gas LPG untuk memasak sehari-hari. Kamu bisa mencari supplier sembako dengan harga yang miring. Sehingga nantinya, sembako dan juga kebutuhan pokok yang dijual bisa dijangkau oleh semua masyarakat.

2. Pembayaran Tagihan PPOB

Ide usaha yang cocok untuk pensiunan dengan modal 50 juta selain membuka warung sembako yaitu dengan membuka usaha pembayaran tagihan PPOB. Sekedar informasi, PPOB merupakan singkatan dengan Payment Point Online Banking, yang merupakan suatu mekanisme tagihan pembayaran, yang dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak perbankan.

Dengan kata lain, jika orangtua/saudaramu yang merupakan pensiunan ini membuka pembayaran tagihan PPOB. Maka mereka bisa melayani pembayaran tagihan layaknya yang sering dilakukan di Bank.

Sejumlah tagihan pembayaran yang dimaksud yaitu pembayaran tagihan listrik PLN, BPJS, PDAM, pembayaran tagihan internet, tv kabel, hingga pembayaran tagihan kredit leasing. Bukan hanya itu saja, agen PPOB juga bisa melakukan penjualan pulsa elektronik, paket data internet, hingga penjualan token listrik.

3. Usaha Peternakan dan Perikanan    

Bagi kamu yang memiliki orangtua maupun saudara yang memiliki hobi beternak, maka kamu bisa menyarankan ide usaha di bidang peternakan maupun perikanan sebagai pilihan usaha mereka, di kala mereka pensiun.

Misalnya membuka usaha ayam petelur, budidaya ikan lele, ikan bandeng dan sejumlah ikan tawar lainnya, serta membuka usaha ikan hias. Khusus untuk yang terakhir, sebelum membuka usaha tersebut, kamu perlu memberikan pemahaman bagi orangtua/saudaramu tersebut mengenai Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias.

4. Membuka Usaha Laundry

Ide usaha lainnya yang cocok untuk pensiunan dengan modal kurang dari 50 juta yaitu membuka usaha laundry. Untuk membuka bisnis tersebut, tentunya dibutuhkan minimal 2 karyawan, yang akan membantu dalam proses pencucian, setrika, maupun pengemasan pakaian, sepatu, dan sejumlah barang lainnya yang telah selesai di-laundry.

Meskipun demikian, bisnis laundry bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan, makin banyak orang yang membutuhkan jasa laundry, dibandingkan harus mencuci sendiri.

Baca Juga  Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Agen LPG 3Kg

Selain ke-4 ide usaha tersebut, ide usaha yang cocok untuk pensiunan dengan modal 50 juta lainnya yaitu membuka usaha fotokopi dan menjual ATK, membuka warung kopi dan juga warung makan.

Semoga informasi diatas bisa menjadi inspirasi bagi para pensiunan dan juga bagi setiap orang yang memiliki orangtua maupun saudara yang akan memasuki masa pensiun, namun memilih untuk membuka usaha. Dibandingkan dengan hanya mengandalkan uang pensiun saja.