Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias?
Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias?

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias?

Bisa dibilang, bisnis bisa dimulai dari mana saja, termasuk dari hobi yang Anda geluti saat ini. Jika selama ini Anda gemar mengoleksi ikan hias, maka tak ada salahnya jika Anda menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Namun apa yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha ikan hias? Anda bisa menyimak informasinya berikut ini!

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Ikan Hias?

Mengoleksi ikan hias merupakan salah satu hobi yang kini banyak dilirik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak terkecuali dengan Anda sendiri, bukan? Dengan alasan itu pula, maka tak ada salahnya jika hobi Anda tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan,  usaha ikan hias juga menjadi salah satu Jenis Usaha yang Booming di tahun 2022 ini.

Meskipun demikian, hingga kini, masih banyak orang yang belum memahami mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha ikan hias ini. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan beberapa hal penting berikut ini. Diantaranya:

1.Modal                                                       

Sudah menjadi hal yang tak perlu dijelaskan lagi bahwa setiap bisnis/usaha pastinya memerlukan modal. Hanya saja, Anda tetap perlu melakukan perhitungan yang akurat mengenai jumlah modal yang harus Anda persiapkan untuk membuka usaha ikan hias ini.

Untuk usaha ikan hias dalam skala kecil, dengan 1 jenis ikan hias saja, maka Anda bisa menyiapkan modal minimal 500 ribu rupiah. namun jika Anda ingin membuka usaha ikan hias dalam skala besar, dengan jenis ikan hias yang beragam, tentunya modal yang perlu Anda persiapkan juga akan jauh lebih besar.

Baca Juga  Ide Paket Usaha Barbershop Lengkap Beserta Layanan dan Fasilitasnya

Selain memperhitungkan mengenai jumlah ikan hias yang akan dijual, Anda juga perlu memperhitungkan mengenai biaya sewa untuk tempat usaha, biaya untuk membeli peralatan/wadah tempat menaruh ikan hias, pakan ikan, serta biaya untuk membeli sejumlah perlengkapan dan peralatan lainnya.

2. Tentukan Jenis Ikan Hias yang akan Dijual                    

Setelah menyiapkan modal, maka langkah lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan jenis ikan hias yang akan dijual. Untuk skala kecil, maka Anda bisa memilih ikan cupang, sebagai jenis ikan hias yang akan Anda jual nantinya.

Mengapa demikian? Karena ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang paling banyak dicari oleh pecinta ikan hias. Dengan kata lain, ikan hias menjadi salah satu jenis ikan hias yang wajib ada dalam setiap toko ikan hias. Barulah kemudian, Anda bisa menambahkan jenis ikan lainnya, sepeti ikan koki, ikan molly, ikan koi, clown fish, dan beragam ikan hias dengan jenis lainnya.

3. Sediakan Pakan Ikan dan Obat-Obatan dengan Kapasitas Cukup       

Selain ikan hias itu sendiri, Anda juga perlu menyiapkan pakan ikan hias dan juga obat-obatan dengan kapasitas yang cukup. Hal ini dikarenakan, menjual ikan hias memerlukan waktu yang lama. Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan asupan makanan dan nutrisi dari setiap ikan hias yang akan Anda jual nantinya.

4. Lakukan Diferensiasi Produk 

Selain ikan hias, ada baiknya Anda juga bisa menjual berbagai produk lainnya, yang masih berkaitan dengan ikan hias. Misalnya akuarium, aerator, pakan ikan, obat-obatan, dan yang lainnya. Dengan melakukan diferensiasi produk ini, memungkinkan bisnis Anda bisa terus berjalan, tanpa harus fokus pada 1 produk saja.

Bukan hanya itu saja, menyediakan berbagai produk lainnya yang masih berkaitan dengan ikan hias ini juga secara tidak langsung akan membuat pelanggan merasa tertarik untuk membeli ikan hias, sekaligus pakan ikan, akuairum, dan juga oat-obatan untuk ikan hias, hanya dari 1 toko saja, yang tak lain adalah toko Anda sendiri.

Baca Juga  Perbedaan Franchise Fee dan Royalty Fee dalam Program Franchise

Selain hal-hal diatas, apa yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha ikan hias lainnya? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain menyiapkan ikan hias dan seluruh komponennya, maka Anda juga perlu menyiapkan tempat usaha, listrik untuk pencahayaan, hingga menyiapkan kebutuhan air yang diperlukan untuk menampung ikan hias di dalam akuarium. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!