Berapa Biaya Franchise JNE?
Berapa Biaya Franchise JNE?

Berapa Biaya Franchise JNE?

JNE merupakan salah satu agen pengiriman barang yang telah berdiri sejak tahun 1990. Sama halnya seperti J&T Express yang menerapkan Cara Menjadi Franchise J&T Express sendiri, maka kamu juga perlu mencari tahu mengenai cara dan berapa biaya franchise JNE, bagi kamu yang tertarik untuk menjadi franchisee dari agen pengiriman barang tersebut.

Berapa Biaya Franchise JNE?

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar menjadi franchisee dari JNE, tentunya kamu perlu mengetahui mengenai biaya franchise yang ditawarkan oleh agen pengiriman barang tersebut. Hal ini dilakukan, agar kamu bisa mempersiapkan modal yang kamu butuhkan nantinya.

Namun sebenarnya, berapa biaya franchise JNE ini? Pada umumnya, biaya franchise dari hampir semua agen pengiriman barang yang ada di Indonesia berkisar antara 20 juta hingga 30 juta rupiah. Sementara untuk JNE ini, agen pengiriman barang tersebut menawarkan biaya franchise senilai 25 juta hingga 30 juta rupiah, tergantung dari paket franchise yang kamu pilih nantinya.

Bukan hanya itu saja, besaran jumlah biaya/dana franchise ini juga biasanya juga dipengaruhi oleh lokasi dimana kamu akan membuka agen JNE ini nantinya. Dengan kata lain, lokasi yang berada di kota besar, tentunya akan membutuhkan biaya franchise yang sedikit lebih mahal. Khususnya jika dibandingkan dengan biaya franchise yang berada di kota kecil, maupun pedesaan misalnya.

Dari jumlah biaya franchise yang kamu berikan, nantinya pihak JNE akan memberikan sejumlah fasilitas. Beberapa diantaranya seperti peralatan dan juga perlengkapan dalam proses pengemasan dan pengiriman barang, serta fasilitas berupa gaji karyawan.

Informasi Mengenai Grade KCU, Serta Sistem Bagi hasil dalam Program Franchise JNE

Setelah kamu melakukan pendaftaran dan juga pembayaran biaya franchise, serta pengajuan franchise yang kamu ajukan disetujui oleh pihak JNE. Maka bisa dikatakan bahwa kini kamu sudah bisa memulai usaha pengiriman barang dan menjadi franchisee dari JNE.

Baca Juga  Cara Menambang Crypto di HP dengan Aplikasi MinerGate!

Namun perlu diketahui, bahwa dalam program franchise JNE ini dikenal dengan adanya masa percobaan mengenai target akumulasi penjualan/pendapatan. Dalam arti, setelah kamu menjadi franchisee dari JNE, maka pihak JNE biasanya akan menerapkan program uji coba.

Dimana dalam 3 bulan setelah pendaftaran, pihak JNE akan menilai mengenai berapa jumlah pendapatan yang bisa kamu kumpulkan dalam periode tersebut. Pada tahap ini juga, pihak JNE biasanya akan memberikan penilaian, mengenai kategori KCU yang akan kamu tempati nantinya.

Sekedar informasi, dalam program franchise JNE ini terdiri dari 3 grade KCU. Antara lain:

  • KCU dengan grade A, yaitu franchisee JNE yang memperoleh pendapatan sekitar 50 juta rupiah dalam 3 bulan terakhir, yang dimulai setelah menjadi franchisee JNE
  • KCU dengan grade B dan C, yaitu franchisee JNE yang telah berhasil mengumpulkan penjualan/pendapatan sekitar 10 juta dalam waktu 3 bulan, serta
  • KCU dengan grade D dan E, untuk franchise JNE yang mendapatkan pendapatan sekitar 2 juta rupiah, yang terjadi dalam 3 bulan terakhir, yang terhitung sejak pembukaan agen JNE

Selain mengenai penilaian grade KCU, setiap franchisee JNE yang sebelumnya telah mencari tahu mengenai berapa biaya franchise JNE dan mulai melakukan pendaftaran juga akan diberlakukan sistem bagi hasil. Dimana dalam pelaksanaannya, franchisee JNE akan dikenakan royalty fee.

Sebagai imbalannya, kamu nantinya akan mendapatkan tambahan penghasilan dari sistem bagi hasil ini. Sebagai gambaran, saat ini, pihak JNE memberikan uang bagi hasil sebesar 22% bagi franchisee yang memiliki omset sekitar 5 juta rupiah, dan 25% bagi franchisee yang memperoleh omset antara 5 juta hingga 10 juta rupiah per bulan.

Dari penjelasan diatas kiranya kamu kini telah mendapatkan gambaran mengenai berapa biaya franchise JNE ini, bukan? Setelah menyiapkan biaya franchise dengan jumlah yang telah disebutkan diatas, maka untuk langkah selanjutnya untuk menjadi franchisee JNE yaitu dengan melakukan pendaftaran. Kamu bisa menghubungi pihak JNE terdekat untuk melakukan pendaftaran sekaligus pengajuan franchise JNE ini.

Baca Juga  Jenis-Jenis Usaha Home Industry