Kisaran Modal untuk Usaha RT RW Net
Kisaran Modal untuk Usaha RT RW Net

Kisaran Modal untuk Usaha RT RW Net

Bisa dibilang, usaha internet RT RW Net bisa dilakukan oleh siapapun, asalkan orang tersebut memiliki skill dalam bidang jaringan internet serta memahami mengenai 4+ Tips Membuka Usaha Internet RT RW Net. Meskipun demikian, kamu juga perlu memperhitungkan mengenai berapa kisaran modal untuk usaha RT RW Net ini, agar jumlah pengeluaran yang kamu keluarkan nantinya tidak melebihi budget yang kamu miliki.

Bagaimana Cara untuk Mengetahui Kisaran Modal RT RW Net?

Seperti diketahui, awal mula berdirinya internet RT RW Net ini yaitu dikarenakan penggunaan internet di masa ini telah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian masyarakat di era digital seperti saat ini.

Meskipun demikian, hingga kini, tidak semua masyarakat, khususnya di kawasan pedesaan dan kawasan terpencil lainnya bisa dengan mudah memperoleh akses internet dengan baik. Dengan kata lain, internet RT RW Net bisa dibilang sebagai solusi terbaik bagi masyarakat untuk mendapatkan akses internet yang memadai, meskipun dalam skala kecil.

Dengan adanya peluang tersebut, tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para pelaku usaha untuk memulai bisnis/usaha di bidang internet RT RW Net ini. Tak terkecuali dengan kamu sendiri. Namun sebelumnya, kamu perlu memperhitungkan mengenai kisaran modal untuk usaha internet RT RW Net yang akan kamu butuhkan nantinya.

Bagaimana caranya? Tentunya dengan memperhitungkan hal-hal penting berikut ini. Antara lain:

1.Modal Awal

Biasanya, modal awal untuk usaha internet RT RW Net ini berkaitan dengan biaya untuk pembelian peralatan dan juga perlengkapan usaha. Misalnya:

  • Biaya untuk pembelian dan pemasangan tower
  • Biaya untuk pembelian anti petir
  • Kisaran modal untuk pembelian laptop, printer, dan alat penunjang lainnya
  • Biaya untuk membeli alat-alat untuk merakit jaringan, seperti mikrotik, POE, acces point, dan juga konektor
  • Kabel FO, dan juga router

2. Modal Berjalan

Pengertian dari modal berjalan ini yaitu modal yang dibutuhkan saat kamu menjalankan usaha internet RT RW dalam 2-3 bulan pertama. Dimana modal berjalan tersebut meliputi:

  • Gaji karyawan, dan
  • Biaya listrik
Baca Juga  20 Ide Nama Usaha Kopi Unik Tema Pegunungan Untuk Menginspirasi Anda

3. Biaya Pemasangan dan Biaya Lainnya

Meskipun memang, biaya pemasangan ini biasanya akan dibebankan kepada pelanggan. Namun dalam beberapa kasus, pelanggan lebih tertarik dengan pelaku usaha internet RT RW Net yang akan menanggung biaya pemasangan jaringan terlebih dahulu.

Barulah jika jaringan internet telah terpasang, dan akses internet telah mereka nikmati, maka mereka akan membayarnya secara penuh. Dengan kata lain, sebagai pelaku usaha internet RT RW Net yang memiliki reputasi yang baik, memang ada baiknya kamu menyiapkan biaya pemasangan sendiri.

Selain biaya pemasangan, kisaran modal untuk usaha internet RT RW Net ini yaitu juga termasuk dengan biaya-biaya lainnya. Misalnya biaya untuk perbaikan jaringan, biaya transportasi teknisi saat akan melakukan pemasangan dan perbaikan jaringan, dan sejumlah biaya-biaya lainnya.

Berapa Kisaran untuk Membuka Usaha RT RW Net?

Jika hal-hal penting telah kamu pahami dengan baik, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mencari tahu mengenai kisaran modal yang kamu butuhkan nantinya. Khususnya modal yang diperlukan untuk membuka usaha internet RT RW Net ini.

Adapun rincian modal tersebut antara lain:

1.Modal Awal

Terdiri dari:

  • Tower setinggi 20 meter : Rp 7.000.000,-
  • Antena anti petir               : Rp 1.000.000,-
  • Mikrotik, konektor, PEO, dan acces point   : Rp 7.500.000,-
  • Laptop : Rp 5.000.000,-
  • Printer : Rp   500. 000,-
  • Kabel FO sepanjang 3.000 meter dengan harga @Rp 1.200.000,- : Rp 3.600.000,-
  • Router 50 unit dengan harga @Rp 160.000,-/unit Rp 8.000.000,-

Total modal awal yaitu sekitar  Rp 32.600.000,-

2. Modal Berjalan

Untuk jenis modal yang satu ini, kamu bisa membuat perhitungan kisaran modal berjalan untuk periode 2 bulan. Hal ini dikarenakan, pada periode tersebut, usaha internet RT RW yang kamu jalankan terbilang masih baru. Dengan kata lain, pengeluaran untuk modal berjalan ini belum bisa diambil dari pendapatan usaha.

Baca Juga  Rekomendasi Franchise Eskrim 2023

Untuk rincian modal berjalan ini antara lain:

  • Gaji karyawan 2 orang x Rp 750.000,- x 2 bulan = Rp 3.000.000,-
  • Biaya listrik Rp 500.000,- x 2 bulan = Rp 1.000.000,-

Total biaya berjalan untuk periode 2 bulan yaitu sekitar  Rp 4.000.000,-

3. Biaya Pemasangan dan Biaya Lainnya

Mengenai biaya pemasangan dan biaya lainnya bisa dikatakan tidak ada ketentuan pasti mengenai kisaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk keduanya. Hal ini dikarenakan, biaya pemasangan dan biaya lainnya ini biasanya tergantung dari pihak pemilik usaha internet RT RW Net sendiri. Namun sebagai gambaran bagimu, maka biaya pemasangan dan biaya lainnya ini yaitu sekitar 2 juta rupiah.

Dari perhitungan diatas bisa diketahui, bahwa kisaran modal untuk usaha internet RT RW untuk tahap awal yaitu modal awal + modal berjalan + biaya pemasangan/biaya lainnya. Dengan kata lain, kisaran modal usaha RT RW Net adalah Rp 32.600.000,- + Rp 4.000.000,- + Rp 2.000.000,-, yaitu sekitar Rp 38.600.000,-.