Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare?
Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare?

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare?

Pastinya kamu sering mendengar bahwa ada teman maupun kenalanmu yang membuka usaha kosmetik dan skincare dengan merk/brand dari namanya sendiri. Ide usaha tersebut dinamakan dengan maklon. Namun apakah kamu tahu, apa yang harus dipersiapkan untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini?

Apa Itu Maklon Kosmetik/Skincare? dan Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare?

Menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 70/PMK.03/2010 tentang batasan kegiatan dan jenis jasa kena pajak yang atas ekspornya dikenai pajak pertambahan nilai menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan jasa maklon yaitu pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian mengenai penyelesaian suatu produk/barang tertentu, yang mana proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa.

Sementara pengguna jasa maklon akan menetapkan spesifikasi, menyediakan bahan baku, barang setengah jadi, atau bahan pembantu yang akan diproses jasa maklon. Sedangkan kepemilikan barang tersebut menjadi hak dari pengguna jasa.

Dengan kata lain, saat kamu menjadi maklon kosmetik dan skincare, maka kamu bisa memproduksi dan menjual kosmetik dan skincare dengan merk/brand dari namamu sendiri, maupun nama lainnya yang kamu inginkan.

Sementara proses produksi akan dilakukan oleh jasa maklon yang kamu pilih sebelumnya. Lalu bagaimana dengan bahan baku dari produk kosmetik/skincare tersebut? Kamu bisa menyediakan bahan baku sendiri, ataupun menggunakan bahan baku yang telah disiapkan sebelumnya oleh jasa maklon.

Namun untuk yang terakhir ini, kamu sebagai pengguna jasa maklon bisa menentukan sendiri mengenai spesifikasi dari bahan baku yang ingin kamu buat menjadi produk kosmetik/skincare tersebut. Lalu apa yang harus dipersiapkan untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baca Juga  Ide Usaha Jual Beli Motor Bekas, Apa yang Harus Diperhatikan?                                               

4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Untuk membuka usaha maklon kosmetik dan skincare, setidaknya ada 4 hal yang perlu kamu persiapkan. Dimana ke-4 hal penting yang dimaksud, sama pentingnya dengan 6+ Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis Property.

Apa sajakah ke-4 hal penting yang harus dipersiapkan dalam usaha maklon kosmetik dan skincare tersebut? Ini dia beberapa diantaranya:

1.Konsep                          

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan untuk memulai usaha maklon kosmetik dan skincare yaitu dengan menentukan konsep. Kamu bisa menentukan mengenai jenis kosmetik dan skincare apa yang akan kamu buat, produk kosmetik/skincare apa yang akan kamu produksi nantinya, kandungan bahan apa saja yang ada dalam setiap produk kosmetik/skincare tersebut, dan yang lainnya.

2. Jasa Maklon                

Setelah membuat konsep, apa yang harus dipersiapkan untuk usaha maklon kosmetik dan skincare selanjutnya? Tentunya kamu perlu mencari jasa maklon. Dimana jasa inilah nantinya yang akan merealisasikan rencanamu untuk membuat produk kosmetik/skincare dengan brand/merk dari namamu ataupun nama lainnya sesuai keinginanmu.

Namun perlu diingat, saat kamu telah menemukan jasa maklon yang tepat, kamu juga perlu mencari tahu dan memahami kontrak kerja yang ditawarkan oleh jasa maklon tersebut. Dalam arti, dari kontrak kerja tersebut, kamu bisa mengetahui apakah jasa maklon tersebut merupakan jasa maklon yang kamu cari atau tidak.

3. Nama Merk/Brand       

Jika memang jasa maklon tersebut merupakan jasa maklon yang kamu cari, maka untuk langkah selanjutnya, kamu bisa melakukan penandatangan kontrak kerja, yang diikuti dengan pembayaran uang maklon.

Setelah melakukan hal-hal tersebut, hal penting lainnya yang perlu persiapkan yaitu nama dari merk/brand dari produk kosmetik/skincare yang akan kamu buat nantinya. Kamu bisa menggunakan merk/brand dari namamu sendiri, maupun nama lainnya yang memiliki makna khusus. Selain nama, kamu juga bisa menyertakan logo maupun simbol dari merk/brand tersebut.

Baca Juga  Asal-Usul dan Pengertian Metaverse Ternyata Ini Fakta Sejarahnya!

4. Perizinan                          

Hal lainnya yang perlu kamu persiapkan adalah perizinan. Dimana perizinan tersebut meliputi sertifikasi dan juga legalitas produk, yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukannya ke Badan Pengawas Obat, Kosmetik, dan Makanan (BPOM), sertifikasi halal dari MUI, dan juga pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ke dirjen HKI.

Dari penjelasan diatas pastinya kamu sekarang telah mengenai mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini, bukan? Apakah kamu tertarik untuk membuka usaha ini?

Jika memang kamu tertarik dengan bisnis ini, maka langkah yang tepat yaitu dengan menyiapkan 4 hal diatas, agar bisnis maklon kosmetik/skincare yang akan kamu mulai bisa berjalan dengan baik, tanpa ada kendala.