Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis WO?
Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis WO?

Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis WO?

Sekilas, bisnis Wedding Organizer tampaknya sangatlah menjanjikan. Hal ini dikarenakan, makin banyak calon pengantin yang mengandalkan pernikahannya pada jasa WO. Jika kamu juga tertarik untuk memulai bisnis ini, cari tahu dulu yuk berapa modal yang dibutuhkan untuk bisnis WO ini?

Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis WO?

Perlu diketahui, untuk memulai usaha Wedding Organizer, kamu membutuhkan tim yang solid dan juga mitra/vendor di bidang pernikahan yang kompeten. Dengan kata lain, tanpa adanya 2 hal tersebut, maka usaha WO yang kamu kelola tidak bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, Ide Usaha Wedding Organizer dan Persyaratannya yang perlu kamu persiapkan tentunya berkaitan dengan modal. Karena sama seperti bisnis lainnya, modal dibutuhkan tidak hanya untuk membiayai operasional usaha, namun juga untuk biaya pengurusan perizinan, dan sebagainya.

Namun berapa modal yang dibutuhkan untuk bisnis WO ini? Pada umumnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis WO yaitu mulai dari 30 juta hingga 100 juta rupiah. Dimana modal tersebut, nantinya bisa kamu gunakan untuk operasional usaha, hingga keperluan-keperluan lainnya, seperti berikut ini. Antara lain:

1.Perizinan Usaha  

Bisa dibilang, perizinan usaha merupakan hal utama yang perlu kamu pikirkan saat akan memulai bisnis WO. Dengan kata lain, modal sebesar 30 juta hingga 100 juta rupiah yang kamu keluarkan, salah satunya digunakan untuk membuat perizinan usaha.

Dimana perizinan usaha untuk WO ini meliputi:

  • Pembuatan akta notaris
  • Pendaftaran akta notaris ke Kementerian Kehakiman
  • Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, dan yang lainnya
Baca Juga  8 Jenis Kopi untuk Usaha Warung Kopi Tradisional, Peluang Tinggi!

2. Biaya Sewa Kantor                    

Selain untuk mengurus perizinan usaha, modal yang telah kamu persiapkan untuk bisnis WO ini nantinya akan kamu gunakan untuk menyewa kantor. Khususnya bagi kamu yang tidak memiliki gedung kantor sendiri.

3. Membayar DP Mitra (Vendor)

Pada umumnya, sebagai bentuk kesepakatan antara WO yang kamu kelola dengan vendor (mitra wedding), kamu perlu membayar uang muka (DP). Dengan demikian, selain digunakan untuk 2 hal diatas, modal WO yang kamu persiapkan biasanya akan digunakan untuk membayar mitra/vendor wedding.

Lalu berapa modal untuk bisnis WO ini jika ditambah untuk membayar DP vendor ini? Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa modal untuk bisnis WO ini mulai dari 30 juta hingga 100 juta rupiah. Dimana dengan modal tersebut, nantinya akan kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya yaitu dengan membayar DP vendor.

Meskipun demikian, ada beberapa WO yang membayar DP vendor tersebut yang diambil dari uang muka yang dibayarkan klien. Namun untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, ada baiknya kamu mempersiapkan dana khusus untuk pembayaran DP vendor ini, yang telah kamu perhitungkan dalam modal  WO.

4. Gaji Karyawan/Tim

Selain untuk membiayai semua kebutuhan yang telah disebutkan diatas, modal sekitar 30 juta hingga 100 juta rupiah yang kamu persiapkan untuk usaha WO ini, nantinya bisa kamu gunakan untuk menggaji tim/karyawan. Setidaknya untuk 3 bulan ke depan, sebelum kamu mendapatkan klien dengan jumlah yang memadai.

5. Biaya Promosi

Agar bisnis WO yang kamu jalankan bisa lebih dikenal, maka cara terbaik yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mempromosikannya. Dimana selain menggunakan media sosial, ada baiknya kamu juga bisa mempromosikan bisnis WO tersebut melalui media lainnya, yang tentunya membutuhkan modal.

Baca Juga  Ide Usaha Kuliner Paling Laris di 2023

Namun jangan khawatir, selama kamu bisa mempersiapkan modal dengan jumlah yang telah disebutkan di awal, maka biaya untuk promosi ini sudah tercukupi.

6. Biaya Operasional Lainnya

Seperti diketahui, selain yang telah disebutkan di atas, ada berbagai macam kebutuhan operasional lainnya yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan kata lain, modal sebesar 30 juta hingga 100 juta rupiah kiranya telah mencukupi jika digunakan untuk membiayai operasional usaha, dan sejumlah biaya-biaya lainnya seperti yang telah disebutkan diatas.

Meskipun demikian, bukan berarti bahwa jika kamu tidak memiliki modal dengan jumlah tersebut, kamu tidak bisa membuka bisnis WO. Karena ada juga beberapa jasa WO yang berdiri dengan modal kurang dari 30 juta rupiah.

Namun pertanyaannya adalah, apakah dengan modal tersebut, bisa menutupi sejumlah keperluan-keperluan diatas, dan berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha WO? Sebenarnya kamu bisa memulai bisnis WO kurang dari 30 juta rupiah, namun jika kamu menginginkan bisnis WO yang  legal dan memiliki kredibilitas yang baik, maka ada baiknya kamu mempersiapkan modal mulai dari 30 juta hingga 100 juta rupiah.