Ide Usaha Wedding Organizer dan Persyaratannya
Ide Usaha Wedding Organizer dan Persyaratannya

Ide Usaha Wedding Organizer dan Persyaratannya

Wedding Organizer atau yang lebih dikenal dengan WO merupakan salah satu jasa yang membantu calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan yang sesuai dengan keinginannya. Bagi kamu yang tertarik dengan jasa ini, yuk intip informasi seputar ide usaha Wedding Organizer dan persyaratannya berikut ini!

Ide Usaha Wedding Organizer dan Persyaratannya

Seperti diketahui, mempersiapkan acara pernikahan bukanlah hal yang mudah. Karena dalam pelaksanaannya, calon pengantin perlu melibatkan beberapa pihak, agar momen sakral tersebut bisa  berjalan sesuai dengan impian.

Dengan kata lain, adanya Wedding Organizer (WO) memungkinkan calon pengantin bisa fokus pada acara pernikahannya, tanpa perlu memikirkan masalah MUA (Make Up Artist), baju pengantin, undangan, souvenir, maupun masalah katering.

Sekilas bisnis WO tersebut tampaknya sangat menguntungkan, dan nyatanya memang demikian adanya. Buktinya, kini banyak pelaku usaha yang mulai melirik ide usaha yang satu ini. Apa saja persyaratan untuk memulai usaha WO ini? Yuk cari tahu selengkapnya dalam informasi di bawah ini!

1.Memiliki Pengalaman dalam Bidang Wedding Planer    

Meskipun ide usaha WO ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun untuk membuat bisnismu bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang wedding planner.

Kamu bisa mengikuti pelatihan wedding planner, maupun terlibat secara langsung dalam bidang tersebut. Misalnya dengan menjadi tim dari jasa WO sebelumnya. Dengan pengalaman sebagai tim WO ini, akan memudahkanmu untuk menjalankan usaha Wedding Organizer tersebut.

Baca Juga  Ide Usaha di Bidang Jasa yang Banyak Dicari Konsumen

2. Membuat Perencanaan Bisnis WO Secara Matang                  

Hal lainnya yang perlu kamu lakukan untuk memulai ide usaha Wedding Organizer dan persyaratannya yaitu dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Sebenarnya, bukan hanya dalam bisnis WO saja, perencanaan bisnis ini juga perlu dibuat untuk berbagai bisnis lainnya.

Hal ini dikarenakan, dengan perencanaan bisnis yang dibuat, memungkinkan kamu bisa menentukan tujuan, target konsumen, hingga strategi bisnis, yang akan kamu lakukan nantinya. Dalam proses perencanaan bisnis ini, kamu juga bisa memulai untuk menentukan nama usaha, membuat logo, ataupun hal lainnya terkait bisnis yang akan kamu jalankan.

3. Menentukan Jenis Layanan WO

Sebagaimana diketahui, jasa WO akan membantu calon pengantin dalam mempersiapkan acara pernikahannya, dari awal hingga akhir acara. Dengan kata lain, jasa WO yang banyak dicari klien/pelanggan adalah jasa WO yang menawarkan beragam layanan, yang dibutuhkan calon pengantin.

Misalnya layanan berupa dekorasi tempat akad dan resepsi, Make Up Artist (MUA), pakaian pengantin dan pendamping, kue pengantin, foto+video, MC, paket katering, hiburan, dan juga souvenir pernikahan. Bahkan ada beberapa jasa WO yang juga menawarkan layanan pembuatan kartu undangan.

Kamu bisa menentukan jenis layanan WO yang sesuai dengan kemampuan dari tim dan mitramu. Namun ada baiknya kamu menyediakan layanan yang lengkap. Agar klien/pelanggan tidak perlu menggunakan jasa lain selain jasa WO yang kamu miliki, untuk mengurus kebutuhan lainnya, yang tidak bisa dikerjakan oleh tim dari bisnis WO yang kamu kelola.

4. Bekerjasama dengan Mitra Wedding

Agar ide usaha Wedding Organizer dan persyaratan diatas bisa terpenuhi dengan baik, maka cara yang tepat yang bisa kamu lakukan yaitu bekerjasama dengan mitra wedding lainnya. Misalnya dengan Make Up Artist (MUA), jasa penyewaan baju pengantin, jasa pembuatan kue pengantin, MC, fotografer, jasa dekorasi, pemilik organ tunggal/band, jasa souvenir, pihak katering, ataupun jasa percetakan kartu undangan.

Baca Juga  Tips Bisnis Online yang Sukses dengan Praktis

5. Memilih Tim yang Solid

Selain sejumlah persyaratan diatas, persyaratan lainnya yang perlu kamu lakukan untuk memulai usaha WO yaitu dengan memilih tim yang solid. Karena tanpa kamu sadari, selain karena adanya kerjasama dengan mitra wedding, kesuksesan acara pernikahan tidak akan berjalan baik, tanpa adanya tim WO.

Oleh karena itu, pastikan kamu bisa memilih tim yang solid dan mau bekerjasama dengan anggota tim lainnya, serta tidak keberatan jika harus bekerja secara lembur.

6. Lakukan Promosi

Untuk membuat bisnismu bisa berjalan dengan lancar, maka langkah yang tepat tentunya dengan mempromosikannya. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial, membuat website khusus, maupun dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Dalam arti, kamu bisa menyuruh setiap klien yang telah menggunakan jasa WO yang kamu kelola, untuk mempromosikannya ke kerabat maupun teman-teman mereka. Cara ini juga bisa dilakukan untuk ide usaha lainnya.

Seperti ide usaha paket aqiqah contohnya. Dimana cara tersebut bisa dilakukan, selain memperhitungkan Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah tentunya.

Dengan mengetahui informasi seputar ide usaha Wedding Organizer dan persyaratannya diatas, diharapkan bisa membantumu dalam mengelola bisnis WO dengan lancar, dan tanpa terkendala. Selamat Berbisnis!