Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah
Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah

Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah

Sebelum membuka usaha dan mulai menjalankan 6+ Tips Membuka Usaha Paket Aqiqah dengan benar, maka akan lebih baik lagi jika kamu bisa memperhitungkan kisaran modal untuk usaha paket aqiqah tersebut. Sehingga kamu bisa mempersiapkan modal usaha yang sesuai dengan perhitungan yang telah kamu buat tersebut.

Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah

Untuk membuka usaha paket aqiqah, setidaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan. Dimana untuk mempersiapkan hal-hal penting tersebut, tentunya dibutuhkan biaya. Dimana nantinya, biaya tersebut akan masuk ke dalam perhitungan mengenai kisaran modal untuk usaha paket aqiqah ini.

Apa saja yang harus dipersiapkan? dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mempersiapkan hal-hal penting tersebut? Ini dia informasinya!

1.Kambing/Bibit Kambing 

Untuk membuka usaha paket aqiqah ini, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Pertama yaitu dengan bekerjasama dengan peternak kambing. Sementara cara yang kedua yaitu dengan memelihara kambing sendiri.

Keduanya tentunya membutuhkan biaya, meskipun mungkin kisaran biaya yang dibutuhkan akan berbeda. Misalnya jika kamu bekerjasama dengan peternak kambing, maka setidaknya kamu perlu menyiapkan sekitar 10 hingga 20 juta rupiah, jika kamu membeli 10 kambing dengan harga mulai dari 1 juta hingga 2 juta rupiah per ekor.

Dimana harga kambing tersebut merupakan harga dari 1 ekor yang memiliki usia minimal 6 bulan, dengan berat sekitar 1,6 kilogram. Sementara jika kamu berniat untuk memelihara kambing sendiri, maka modal yang kamu persiapkan yaitu mulai dari 3,5 juta hingga 10 juta rupiah.

Baca Juga  Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok Affiliate, Belajar Tiktok Affiliate Dari Nol hinggaTarik Gajian 500 Ribu/Hari

Dimana kisaran modal tersebut diambil dengan pertimbangan bahwa harga bibit kambing yaitu mulai dari 350 ribu hingga 1 juta per ekor. Sehingga jika kamu membutuhkan 10 ekor bibit kambing, setidaknya kamu perlu menyiapkan modal antara 3,5 juta hingga 10 juta rupiah. Modal tersebut belum termasuk dengan biaya-biaya lainnya.

2. Kandang Kambing                     

Untuk memelihara kambing, maupun untuk menampung kambing yang telah dibeli dari peternak, maka kamu perlu menyediakan kandang . Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuat kandang ini yaitu mulai dari 1,5 juta hingga 2,5 juta rupiah, yang bisa menampung hingga 10 ekor kambing.

3. Pakan Kambing

Selain kedua hal diatas, hal lainnya yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha paket aqiqah yaitu pakan kambing. Meskipun kamu bekerjasama dengan peternak kambing, tetap saja kamu perlu menyiapkannya.

Hal ini dilakukan, mengingat sebelum kambing  tersebut dijual maupun disembelih, kambing akan ditempatkan di kandang sendiri. Dimana hal ini mengharuskanmu untuk menyediakan pakan kambing.

Kisaran modal untuk usaha paket aqiqah untuk kategori pakan kambing ini yaitu mulai dari 50 ribu rupiah per bulan, untuk kambing yang dipelihara sementara. Namun untuk kambing yang dipelihara dari kecil, maka kamu perlu menyediakan pakan kambing mulai dari 150 ribu rupiah per bulan.

Dengan demikian, modal yang kamu butuhkan untuk membeli pakan kambing ini selama 6 bulan pertama adalah Rp 50.000,- x 6 bulan, yaitu sekitar 300 ribu rupiah, jika kamu membeli kambing siap potong, dan Rp 150.000,- x 6 bulan, yaitu sekitar 900 ribu rupiah, jika kamu memelihara kambing dari kTotaecil.

Adapun perkiraan mengenai periode 6 bulan ini diambil mengingat, untuk memelihara kambing bibit, setidaknya kamu membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, agar kambing tersebut bisa dijadikan kambing aqiqah.

Baca Juga  Tips Bisnis Properti untuk Memulai Proyek Real Estat

4. Biaya Masak

Seperti diketahui, saat ini banyak pelanggan yang lebih memilih jasa aqiqah yang sudah termasuk dengan jasa katering. Dengan kata lain, pelanggan cenderung memilih paket aqiqah siap saji, dan bukan hanya jasa pemotongan kambing aqiqah saja.

Untuk itu, selain mempersiapkan kambing, kamu juga perlu mempekerjakan tukang masak khusus, yang akan membantumu dalam mengolah daging kambing. Adapun rincian biaya untuk keperluan memasak ini antara lain sekitar 200 ribu untuk 1 ekor kambing. Dengan demikian, anggaran yang perlu kamu persiapkan untuk memasak 10 ekor kambing ini antara lain sekitar 2 juta rupiah.

5. Upah Karyawan

Untuk membuka usaha paket aqiqah ini, sedikitnya kamu membutuhkan 3 atau 4 orang karyawan. Dimana 1 orang bertugas untuk memelihara dan membantu proses penyembelihan kambing aqiqah, dan 2 orang maupun 3 orang di bagian dapur.

Jika kamu mempekerjakan 3 orang karyawan dengan upah sekitar 750 ribu rupiah per orang, maka anggaran yang perlu kamu persiapkan untuk upah karyawan selama 3 bulan ke depan, antara lain Rp 750.000,-  x 3 orang x 3 bulan, yaitu sekitar Rp 6.750.000,-

Total Modal yang Dibutuhkan untuk Usaha Paket Aqiqah

Dari penjelasan diatas, bisa diketahui mengenai kisaran modal yang perlu kamu persiapkan untuk membuka usaha paket aqiqah ini. Namun karena proses untuk mendapatkan kambing aqiqah ini terdiri dari 2 cara, maka modal yang perlu dipersiapkan juga cenderung berbeda. Antara lain:

1.Modal Jika Memelihara Kambing Sendiri

  • Kambing bibit   = Rp  3.500.000,- (harga terendah)
  • Kandang             = Rp     500.000,-
  • Pakan kambing = Rp     900.000,-
  • Biaya masak      = Rp   2.000.000,-
  • Upah karyawan = Rp  6 .750.000,-

Total                       Rp 15.650.000,-

2. Modal yang Dibutuhkan Jika Membeli Kambing dari Peternak

  • Harga kambing  = Rp 10.000.000,- (harga terendah)
  • Kandang              = Rp    2.500.000,-
  • Pakan kambing  = Rp       300.000,-
  • Biaya masak       = Rp    2.000.000,-
  • Upah karyawan = Rp    6.750,000,-
Baca Juga  8 Bisnis Minuman Kemasan Cup Ini, Punya Segudang Keuntungan, lho!

Total                    = Rp  21.550.000,-

Dari penjelasan diatas bisa diketahui, bahwa jika kamu memelihara kambing sendiri, maka kisaran modal untuk usaha paket aqiqah yang kamu butuhkan yaitu mulai dari Rp 15.650.000,- dan minimal Rp 21.550.000, bagi kamu yang membeli kambing dari peternak.

Kisaran modal diatas hanyalah perkiraan saja. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, memang ada baiknya kamu menyediakan dana yang lebih besar dari yang telah diperhitungkan diatas.