6+ Tips Membuka Usaha Paket Aqiqah
6+ Tips Membuka Usaha Paket Aqiqah

6+ Tips Membuka Usaha Paket Aqiqah

Ide usaha paket aqiqah bisa menjadi pilihan bagimu dimana masyarakat kini lebih memilih untuk menggunakan jasa aqiqah, dibandingkan dengan melakukan proses aqiqah sendiri. Meskipun demikian, agar usahamu itu bisa berjalan lancar, kamu perlu melakukan tips membuka usaha paket aqiqah berikut ini.

Tips Membuka Usaha Paket Aqiqah

Meskipun jasa aqiqah kini banyak diminati masyarakat, karena dinilai lebih praktis, jika dibandingkan dengan melakukan proses aqiqah sendiri. Bahkan bisa dibilang, ide usaha paket aqiqah ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk bagi pensiunan sekalipun. Karena merupakan Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan dengan Modal 50 Juta.

Meskipun demikian, namun tak bisa dipungkiri, masih banyak usaha paket aqiqah ini yang justru terhenti di tengah jalan, yang diakibatkan oleh sejumlah faktor. Dengan kata lain, agar usaha paket aqiqah yang kamu kelola bisa berjalan lancar, dan tidak terhenti di tengah jalan. Maka kamu bisa melakukan sejumlah tips berikut ini. Antara lain:

1.Bekerjasama dengan Peternak Kambing    

Tips membuka usaha paket aqiqah yang pertama yaitu kamu perlu bekerjasama dengan peternak kambing. Ada baiknya lagi, jika kamu bekerjasama dengan lebih dari 1 peternak. Dengan demikian, kamu tidak perlu kerepotan dalam mencari kambing yang dibutuhkan, bilamana ada banyak pesanan.

Perlu diketahui, bahwa kambing yang bisa dijadikan aqiqah adalah kambing yang telah cukup umur, yang berusia minimal 6  bulan ke atas, sehat dan tidak cacat, serta memiliki berat minimal 16 kilogram saat disembelih/dipotong.

Baca Juga  5+ Ide Bisnis Property Paling Menguntungkan

Dengan kata lain, jika kamu bekerjasama dengan peternak kambing, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk memilih jenis kambing yang sesuai dengan syarat-syarat diatas, yang bisa dijadikan sebagai kambing aqiqah.

2. Menyediakan Kandang Penampungan                 

Selain bekerjasama dengan peternak kambing, tips lainnya yang perlu kamu lakukan yaitu menyediakan kandang penampungan. Fungsinya adalah untuk menampung kambing yang telah kamu beli dari peternak. Sebelum akhirnya kambing tersebut disembelih untuk jadikan menu aqiqah.

3. Menyediakan Jasa Katering yang Berkualitas

Pada umumnya, konsumen lebih memilih paket aqiqah yang disertai dengan jasa katering. Dalam arti, konsumen cenderung memilih jasa aqiqah, yang bisa membantu mereka dalam melakukan proses aqiqah, sekaligus menyediakan menu aqiqah yang siap saji.

Dengan kata lain, selain menyediakan kambing aqiqah, beserta jasa penyembelihan dan pemotongan kambing, kamu juga perlu menyediakan jasa katering.

Namun perlu diingat, meskipun usaha yang kamu jalankan difokuskan pada paket aqiqah, namun kamu tetap perlu menyediakan jasa katering aqiqah yang berkualitas. Baik dari segi rasa, penyajian, hingga pengemasan menu aqiqah.

4. Menyediakan Menu yang  Bervariatif

Tips membuka usaha paket aqiqah lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu menyediakan menu aqiqah yang lebih bervariatif. Misalnya selain menawarkan menu aqiqah berupa gulai, kamu juga bisa menyediakan menu daging kambing lainnya. Seperti sate, tongseng, semur daging, steik, ataupun menu aqiqah berupa kambing guling.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menawarkan menu paket aqiqah dalam bentuk nasi boks, maupun prasmanan, dengan beragam menu tambahan. Misalnya nasi, sambal goreng kentang, bihun, capcai, yang dilengkapi dengan krupuk plus buah-buahan, dan semacamnya.

5. Menyediakan Paket yang Beragam

Selain menyediakan menu yang bervariatif, kamu juga perlu menyediakan paket aqiqah yang beragam. Hal ini dilakukan, agar konsumen bisa lebih mudah memilih paket aqiqah yang disesuaikan dengan budget yang mereka miliki.

Baca Juga  11 Cara Menjadi Mitra Air Biru Mudah Harus Anda Ketahui!

Misalnya  dengan menyediakan  paket aqiqah senilai 1,3 juta rupiah, dengan menu aqiqah sebanyak 100 tusuk sate, dan 50 porsi gulai, paket aqiqah 1,6 juta rupiah dengan menu aqiqah sebanyak 150 tusuk sate, dan 70 porsi gulai, dan sebagainya.

6. Memilih Media Promosi yang Tepat

Setelah melakukan sejumlah tips diatas, maka tips terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu dengan memilih media promosi yang tepat. Sehingga usaha paket aqiqah yang kamu jalankan bisa dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat. Khususnya oleh semua calon konsumen dari usaha paket aqiqah yang kamu jalankan.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial berupa Instagram, Facebook, Twitter, maupun Youtube. Selain sejumlah media promosi tersebut, ada baiknya kamu membuat website khusus, yang digunakan sebagai website bisnis dari usaha paket aqiqah yang kamu kelola tersebut.

Tujuannya tak lain adalah agar calon konsumen bisa langsung mengunjungi website tersebut, bilamana ingin mencari informasi seputar paket dan menu aqiqah yang kamu sediakan.

Itu dia 6+ tips membuka usaha paket aqiqah yang bisa kamu lakukan, agar usaha tersebut tidak terhenti di tengah jalan, dan bisa memberikan keuntungan seperti yang kamu harapkan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!