6+ Ide Usaha yang Diprediksi akan Booming di Tahun 2023
6+ Ide Usaha yang Diprediksi akan Booming di Tahun 2023

6+ Ide Usaha yang Diprediksi akan Booming di Tahun 2023

Masih bingung mengenai ide usaha yang akan kamu jalani di tahun ini? Mungkin informasi mengenai ide usaha yang diprediksi akan booming di tahun 2023 berikut ini bisa menjadi referensi bagimu untuk menentukan ide usaha yang cocok untukmu. Yuk simak selengkapnya!

6 Ide Usaha yang Diprediksi akan Booming di Tahun 2023

Secara garis besar, beberapa ide usaha yang akan booming di tahun 2023 merupakan beragam usaha yang dijalankan dengan sistem online. Meskipun sebagian diantaranya masih menjalankan bisnis secara offline, jenis usaha tersebut biasanya dipengaruhi oleh brand tertentu.

Dalam arti, para pelanggan sengaja mendatangi bisnis/usaha di tempatnya langsung, karena mereka merupakan pelanggan yang bisa dibilang loyal dengan nama/brand yang dipakai oleh pemilik usaha tersebut.

Ide usaha apakah itu? kamu bisa mengetahuinya bersama ide usaha lainnya yang diprediksi akan laris manis di tahun 2023 ini. Diantaranya:

1.Usaha Franchise  

Bisnis/usaha franchise merupakan salah satu ide usaha yang dijalankan secara offline maupun  online, dengan mengandalkan brand/merk tertentu. Misalnya, saat kamu ingin menjalankan bisnis fried chicken misalnya, kamu bisa memilih Rekomendasi Franchise Fried Chicken dan Biayanya, yang dinilai memiliki peminat dan pelanggan yang loyal dalam jumlah yang banyak.

Dengan demikian, saat kamu memulai usaha tersebut, kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan promosi. Karena biasanya, pihak franchise akan melakukannya untukmu. Bahkan ada beberapa pelanggan setia dari brand fried chicken tersebut, yang akan langsung membeli produk  fried chicken yang kamu jual, hanya karena melihat bahwa kamu memakai brand fried chicken favorit mereka.

Baca Juga  Ide Usaha Kuliner Paling Laris di 2023

Hal ini juga berlaku bagi bisnis franchise lainnya. Itulah mengapa jika bisnis/usaha franchise ini dinilai sebagai ide usaha yang diprediksi akan tetap bertahan di tahun 2023 ini. Setelah sebelumnya menjadi bisnis yang booming serta laris manis di tahun 2022 yang lalu.

2. Online Shop                              

Ide usaha yang diprediksi akan booming di tahun 2023 ini selain usaha franchise yaitu mengelola online shop. Dimana online shop yang dimaksud yaitu membuat sebuah toko yang mana proses penjualannya dilakukan secara online.

Ada berbagai macam produk yang bisa kamu jual di online shop ini. Mulai dari produk fashion, makeup, peralatan rumah tangga, aksesoris, elektronik, hingga sparepart kendaraan. Meskipun demikian, agar online shop yang kamu kelola bisa berjalan dengan lancar, maka kamu perlu menentukan produk yang tepat, yang banyak diminati oleh masyarakat.

3. Menjual Produk-Produk Thrift

Selain menjual produk-produk baru, ide usaha yang bisa kamu lakukan di tahun 2023 ini salah satunya yaitu dengan menjual barang-barang bekas, seperti produk thrift dari luar negeri. Namun perlu diingat, mengelola bisnis thrifting sangat berbeda dengan menjual produk-produk baru.

Dimana untuk bisnis produk thrifting ini, kamu perlu cermat dalam mencari supplier, melakukan pengecekan terhadap produk thrift yang kamu jual, serta melakukan pengemasan produk agar terlihat baru dan rapi.

4. Bisnis Penitipan Hewan

Karena di tahun 2023 ini, banyak masyarakat yang memilih untuk memelihara hewan peliharaan,  sementara mereka masih kebingungan untuk menitipkan hewan peliharaan mereka tersebut, bilamana mereka harus ke luar kota. Baik untuk liburan maupun untuk urusan pekerjaan.

Maka bisnis penitipan hewan menjadi usaha yang diprediksi bakal menguntungkan di tahun 2023 ini. Hanya saja, untuk mengelola bisnis tersebut, setidaknya kamu perlu memiliki pengetahuan mengenai cara memelihara dan merawat hewan peliharaan dengan baik.

Baca Juga  Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terbaik 2021

Ada baiknya juga jika kamu bisa mempekerjakan karyawan yang memang seorang pecinta hewan. Sehingga mereka tidak canggung lagi bilamana harus merawat hewan peliharaan yang dititipkan pada penitipan hewan yang kamu kelola.

5. Content  Creator

Sama seperti tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini didominasi oleh pengguna media sosial, baik itu  untuk keperluan pribadi maupun yang berkaitan dengan bisnis. Maka menjadi content creator bisa menjadi ide usaha yang diprediksi masih akan booming di tahun 2023 ini. Sama seperti yang terjadi di tahun 2022 lalu.

Karena meskipun banyak pengguna media sosial dan memiliki website ataupun blog sendiri, namun tidak semua pemilik website, blog, dan pengguna media sosial tersebut memiliki skill untuk membuat sebuah konten sendiri. Dengan kata lain, menjadi content creator, bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di tahun ini.

6. Bisnis Reseller dan Dropshiper

Ide usaha lainnya yang diprediksi menjadi pilihan banyak orang yaitu menjadi reseller maupun dropshiper. Kedua bisnis tersebut dipilih bagi setiap pelaku usaha yang merasa kebingungan mencari dan menentukan produk yang akan mereka jual.

Karena dengan menjadi reseller dan dropshiper, kamu hanya perlu menjual produk-produk yang disediakan oleh produsen maupun distributor. Perbedaan dari kedua bisnis tersebut hanyalah dari segi modal saja. Dimana untuk menjadi reseller, kamu diharuskan untuk menyiapkan modal terlebih dahulu.

Namun hal ini tidak berlaku bagi seorang dropshiper. Dimana untuk menjadi seorang dropshiper ini, kamu hanya perlu mempromosikan produk saja. Barulah jika terjual, nantinya, kamu akan mendapatkan komisi.

Itu dia 6 ide usaha yang diprediksi booming di tahun 2023 ini. Dari ke-6 jenis usaha tersebut, manakah yang menjadi inspirasimu untuk memulai bisnis di tahun 2023 ini?

Baca Juga  20 Ide Nama Usaha Kopi Unik Tema Pegunungan Untuk Menginspirasi Anda