Definisi dan Contoh Aset Digital Ternyata Tidak Hanya Soal Uang!

BacaTimes.com – Dengan semakin maraknya investasi dalam bentuk digital, mengetahui contoh aset digital yang baik menjadi bagian penting dari pengetahuan investasi.

Contoh aset digital ternyata tidak selamanya harus berupa saham atau kripto, tetapi juga bisa berupa sosial media, website, teks, dan lain-lain.

Dengan contoh aset digital berikut diharapkan dapat memperluas wawasan investor pemula, atau bahkan khalayak umum yang tidak menyadari luasnya definisi istilah ini.

Langsung saja, berikut beberapa aset digital yang patut dipertimbangkan menyongsong era industri 4.0 di Indonesia.

Baca Juga  5 Tips Investasi untuk Mahasiswa 2021

Definisi Aset Digital

Meskipun definisinya terus berubah, secara umum aset digital adalah benda digital yang memiliki nilai bagi seseorang atau suatu perusahaan.

Syarat bagi suatu benda agar untuk bisa disebut sebagai aset digital sebagai berikut: file digital yang bisa dimiliki, menambah nilai bagi perseorangan/perusahaan, dan dapat diakses dengan mudah.

Benda digital ini bisa berupa file gamber/foto, video, suara, teks, atau bahkan website.

Baca Juga  Cara Investasi Forex Praktis Tanpa Ribet

Contoh Aset Digital

Berikut adalah dua jenis aset digital yang bermunculan dengan semakin populernya penggunaan dompet digital dan internet di kehidupan sehari-hari.

Salah satu aset digital yang panas dibincangkan beberapa tahun belakangan ini adalah mata uang kripto. Selain menguntungkan, pada saat ini investasi kripto juga tergolong kontroversial.

Secara umum, aset digital ini nilainya akan meningkat ketika angka transaksinya meningkat dan juga akan turun ketika terjadi penjualan besar-besaran.

Selain aset yang berhubungan secara langsung dengan uang seperti kripto, ada pula aset yang memiliki hubungan tidak langsung dengan uang.

Aset lain yang tidak bisa diremehkan adalah media sosial. Dalam zaman serba digital bukan hanya figur publik yang membutuhkan media sosial untuk meningkatkan nilai mereka.

Sebagai contoh, media sosial seseorang dapat menentukan seberapa besar kemungkinan mereka akan menerima suatu pekerjaan atau beasiswa karena akan diperiksa oleh pihak-pihak terkait.

Baca Juga  Benarkah Token Asix Anang Adalah Investasi yang Aman? Berikut Penjelasannya

Penutup

Demikian definisi dan beberapa contoh aset digital yang memiliki hubungan langsung dan tidak langsung dengan uang.

Semoga informasi ini dapat meningkatkan wawasan kita semua, sampai ketemu lagi di artikel-artikel menarik berikutnya.

***