Tips Bisnis Beras 2021 Praktis Tanpa Ribet

Tips Bisnis Beras 2021 Praktis Tanpa Ribet

Memulai bisnis bisa menjadi langkah cerdas di Filipina karena orang Filipina sangat menyukai nasi, sehingga dianggap sebagai makanan pokok di negara ini dan bagian dari makanan kita. Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis beras di Filipina? Berikut sudah kami ulas secara lengkap tips bisnis beras 2021.

Anda akan membutuhkan modal awal 50.000 yen untuk pengecer dan 250.000 yen untuk waralaba, dan ini untuk orang-orang yang ingin menjual produk umum yang memiliki pasar yang sudah ada.

Cara Memulai Bisnis Beras Eceran

Jika Anda berencana untuk membuka usaha sendiri, berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat untuk berhasil dalam bisnis ritel beras:

Memperoleh lisensi National Food Authority (NFA)

Undang-undang tersebut mengamanatkan bahwa setiap bisnis beras di Filipina memerlukan persetujuan dari NFA, apakah itu beras komersial atau beras NFA. Anda akan memerlukan lisensi flagship store jika ingin membuka beberapa gerai. Semua outlet lain akan dianggap sebagai cabang.

Pergilah ke kantor NFA yang berwenang di lokasi perdagangan beras. Anda dapat memperoleh formulir aplikasi dari Penawaran Lisensi (LO). Kirim formulir dan bayar biaya pendaftaran sebesar JPY 100. Biaya lisensi harus dibayar tetapi bervariasi tergantung pada jumlah modal yang Anda miliki.

Rekam Pekerjaan Anda

Perusahaan harus terdaftar di Departemen Perdagangan dan Industri (DTI) untuk kepemilikan tunggal dan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk mereka yang bekerja dengan mitra atau perusahaan.

Baca Juga  6+ Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis Property

Beli Peralatan yang Tepat

Bagian dari lisensi NFA mengharuskan Anda untuk memiliki yang berikut ini:

  • Timbangan yang dikalibrasi
  • Label harga (harga per kilogram)
  • Kaleng beras dicat putih
  • Papan reklame (lebar 45 cm kali 75 cm) menunjukkan nama bisnis Anda dan nomor kontrol NFA dengan judul “Grosir” atau “Pengecer Gandum Resmi”
  • Varietas dan grade beras yang akan dijual

Inspektur NFA (setelah disetujui) akan mengeluarkan Pemberitahuan Inspeksi, yang harus Anda bawa dengan bukti kepatuhan terhadap kekurangan (jika ada) dan tanda terima resmi ke kantor NFA untuk menerima lisensi Anda.

Pilih Lokasi yang Bagus

Lokasi yang ideal harus memiliki target pasar yang tepat dalam bisnis beras dan memiliki banyak lalu lintas dan kendaraan. Dalam hal ini, contoh yang bagus adalah palengkes (pasar basah) dan toko kelontong di mana orang selalu membeli beras.

Berinvestasi dalam Penyimpanan Beras yang Tepat

Beras cepat rusak dan kualitasnya memburuk dalam waktu tiga bulan. Menggunakan metode FIFO memastikan bahwa setiap karung beras tidak melebihi umur simpannya dan berkualitas tinggi.

Hama atau serangga seperti bubbok (kumbang) adalah musuh terburuk cedar. Ingatlah untuk membersihkan dan mensanitasi tempat penyimpanan Anda untuk mencegah infeksi.

Jadilah Teman Bagi Pemasok Anda

Bagi orang-orang yang tinggal di dekat Bulacan, Penggilingan Padi Primavera di Guiguinto adalah pemasok beras paling direkomendasikan untuk rantai makanan cepat saji dan restoran besar di Metro Manila.

Buatlah daftar pemasok beras yang tersedia di daerah Anda dan bertemanlah dengan mereka. Dengan hubungan yang baik dengan pemasok, Anda kemungkinan akan menerima diskon dalam jangka panjang.

Namun, pewaralaba mungkin tidak mendapat manfaat dari ini karena pewaralaba biasanya memiliki penggilingan padi sendiri. Ini membatasi kontrol pemilik waralaba atas distribusi beras.

Baca Juga  Berapa Modal untuk Usaha Sambal Kemasan?

Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

Bayangkan Anda adalah pelanggannya – dia akan ingin melihat berbagai macam beras untuk dijual. Menawarkan berbagai macam akan memudahkan pelanggan untuk terlibat dengan bisnis Anda melalui opsi yang Anda tawarkan kepada mereka.

Pertimbangkan untuk membuat kesepakatan dengan bisnis besar dan kecil, mulai dari hotel hingga carenderia. Memberikan diskon kecil kepada pelanggan dapat menjadi dorongan besar bagi bisnis Pegasan Anda karena mereka cenderung loyal dan bahkan mengubah Anda menjadi teman mereka.

Alokasikan Anggaran untuk Pengadaan Beras

Ada beberapa pemasok beras yang mewajibkan pengecer untuk memiliki minimal pemesanan beras.
Jika tidak, mereka tidak akan memasok beras. Mengalokasikan sebagian anggaran untuk beras dapat membantu mencegah masalah dengan pemasok.

Pisahkan dan Tutup Beras dari Barang Lain Selama Transportasi

Karena paparan sinar matahari selama transportasi, beras dapat kehilangan kelembaban dan mengurangi volumenya hingga 3%. Menutupinya dengan benar dapat mencegah pokbok bersembunyi di dalam biji-bijian, terutama saat truk melewati sawah lainnya.

Anda siap untuk memulai proyek Bigasan Anda sendiri! Dengan mengikuti tips bisnis beras ini, Anda lebih mungkin untuk berhasil dan bahkan membangun kerajaan beras Anda sendiri. Jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut, lihat informasi kontak untuk otoritas terkait di industri beras.