resiko usaha pangkas rambut
Unsplash

9 Resiko Usaha Pangkas Rambut yang Harus Diketahui

BacaTimes.com – Hal yang perlu Anda tahu bahwa setiap jenis usaha apapun pasti memiliki sebuah resiko, termasuk dalam usaha pangkas rambut yang bukan termasuk jenis kebutuhan pokok.

Seseorang akan datang saat mereka ingin memendekkan atau merapikan rambut saja. Maka dari itu sebelum membuka usaha pangkas rambut, Anda juga perlu mengetahui apa saja resiko usaha pangkas rambut.

Usaha omset pangkas rambut akan memiliki omset yang besar saat memiliki lokasi yang strategis dan karyawan cukur yang handal.

Dengan begitu usaha pangkas rambut atau Barbershop Anda akan banyak pelanggan dan pengunjung. Di samping itu pasti terdapat resiko usaha pangkas rambut yang wajib Anda ketahui. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Beberapa Resiko Usaha Pangkas Rambut

Sebelum Anda memutuskan untuk membuka sebuah usaha pangkas rambut, perlu diperhatikan beberapa resiko agar terhindar dari hal yang negatif seperti kerugian. simak ulasannya di bawah ini!

Susah Mencari Lokasi Yang Strategis

Resiko usaha pangkas rambut yang pertama adalah tentang pencarian atau penempatan lokasi yang benar – benar strategis dalam mendirikan sebuah usaha pangkas rambut.

Anda perlu memerhatikan beberapa tempat sebelum membuka usaha pangkas rambut, hal tersebut ditujukan agar supaya terhindarkan dari yang namanya kerugian.

Pada umumnya memang dalam mendirikan usaha pangkas rambut agak sulit untuk menemukan tempat yang benar–benar strategis.

Baca Juga  8 Jenis Kopi untuk Usaha Warung Kopi Tradisional, Peluang Tinggi!

Bahkan meskipun di tempat yang ramai penduduk pun jika tidak strategis omset akan sepi. Bahkan dimana saja jika orang tidak terlalu membutuhkan maka tempat pangkas rambut akan masih sepi.

Maka dari itu Anda harus selalu berinovasi agar bisa menarik banyak pengunjung.

Lokasi Strategis Memiliki Sewa Yang Mahal

Selanjutnya resiko usaha pangkas rambut yang mungkin terjadi adalah saat sudah mendapatkan lokasi yang strategis namun harga sewa tempat itu mahal.

Terkadang untuk pemula seperti Anda pasti belum berani dalam mengambil spekulasi dengan nilai sewa yang mahal.

Apalagi jika sebuah tempat tersebut seperti ruko di wilayah perkotaan pasti harga sewa bisa sampai puluhan juta.

Susah Mencari Karyawan Yang Handal

Kemudian resiko usaha pangkas rambut yang pasti akan terjadi adalah sulitnya mencari karyawan yang handal ahli dalam bidang mencukur.

Karyawan tersebut harus memiliki kriteria yang bekerja secara rajin, profesional, rapi, dan pastinya mampu dalam bidang mencukur rambut.

Saat Anda merekrut seseorang yang tidak memiliki teknik dalam memotong rambut maka dipastikan para pelanggan tidak akan kembali berkunjung ke tempat Anda.

Dan orang akan berasumsi bahwa saat mencukur rambut ditempat Anda merupakan bukan tempat yang terbaik.

Sering Ditinggal Karyawan

Pada umumnya hal ini terjadi saat tempat usaha pangkas rambut Anda sudah berkembang dan pasti banyak pelanggan.

Subuah resiko usaha pangkas rambut yang sering terjadi adalah sering ditinggal karyawan saat mereka sudah ahli mencukur di tempat Anda.

Maka mereka akan mendirikan sendiri tempat pangkas rambut dan membawa pengalaman usaha dari tempat Anda.

Saat sering ditinggalkan karyawan yang sudah ahli itu akan merugikan bagi usaha Anda, karena jika mencari pegawai baru tentunya pasti akan sangat sulit apalagi dalam bidang mencukur rambut.

Baca Juga  Berapa Modal untuk Usaha Jual Beli Pulsa?

Karena hanya beberapa orang saja yang mahir dalam bidang tersebut, dan pasti hanya sedikit oang yang menyukai ketrampilan memangkas rambut.

Pelanggan Akan Memilih Kualitas Yang Baik

Resiko usaha pangkas rambut ini pasti akan terjadi saat Anda atau pegawai Anda tidak rapi dalam memangkas.

Maka akan dipastikan pelanggan tidak akan kembali ke tempat usaha pangkas milik Anda. Apalagi saat model rambut tidak sesuai dengan keinginan para pelanggan, bisa saja mereka tidak lagi datang ke tempat Anda.

Untuk itu sesuai dengan penjelasan diatas pilih lah calon pegawai yang sudah ahli di bidang mencukur, termasuk Anda. Karena segi kualitas akan menentukan kuantitas.

Harga Tinggi Pelanggan Pindah Tempat

Merupakan salah satu kejadian yang umum terjadi, saat Anda menetapkan tarif yang tinggi kepada pelanggan maka mereka pasti kabur dan pindah tempat yang lebih murah.

Saat Anda sudah membuka usaha pangkas rambut maka cobalah untuk melakukan survei tempat di sekitar apakah sudah sesuai dengan standart harga apa belum.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya resiko usaha pangkas rambut, jangan lah menetapkan harga sesuai standart yang Anda miliki atau dengan harga diatas rata-rata.

Hal tersebut ditujukan agar para pelanggan akan memilih di tempat Anda yang lebih murah.

Pemilik Pangkas Rambut Harus Rajin Menjaga Kebersihan

Kebersihan pada tempat pangkas rambut juga merupakan salah satu faktor utama dari datangnya banyak orang.

Pada umumnya mereka akan datang di tempat yang terjamin kebersihan dan kualitas dari hasil pemangkasan.

Sangat penting jika tempat pangkas rambut Anda terjaga kebersihannya dan memiliki keunikan tempat yang berbeda dengan yang lain.

Untuk itu untuk terhindar dari resiko usaha pangkas rambut yang terjadi Anda sebagai pemilik tempat sering-seringlah membersihkan tempat terutama pada kursi, pada lantai, dan peralatan mencukur.

Baca Juga  Tips Berjualan Produk Preloved

Saat Anda memiliki tempat usaha pangkas rambut yang jarang sekali dibersihkan, hal tersebut akan menimbulkan kesan jorok bagi mereka yang akan datang di tempat Anda.

Teknik Yang Buruk Akan Sepi Pelanggan

Sebuah resiko usaha pangkas rambut ini akan terjadi saat Anda atau karyawan hanya jago dalam mencukur saja namun tidak memiliki teknik yang mumpuni dalam mencukur.

Pada teknik pemangkasan yang akan dipastikan tidak akan ramai pelanggan yang datang, apalagi dalam urusan kepala ada teknik yang baik bagaimana cara memperlakukan kepala orang dengan benar.

Jika Anda saat memangkas secara asal – asalan dengan menarik dan mendorong kepala orang, tentu orang akan risih dan hal tersebut akan kurang sopan dilakukan.

Hal tersebut akan berisiko tempat usaha Anda menjadi sepi. Semua orang pasti sudah tahu bahwa tidak semua tempat pangkas rambut ditangani oleh para ahli potong rambut, biasanya mereka membuka usaha secara otodidak.

Kurang Ramah Dalam Pelayanan

Faktor ini juga akan menentukan ramainya usaha pangkas rambut yang Anda miliki. Jika pelayanan yang diberikan oleh tempat usaha pangkas rambut Anda baik maka pelanggan akan ramai berdatangan.

Namun sebaliknya jika pangkas rambut yang kurang ramah akan berdampak terhadap minat pelanggan. Tentunya keramahan dalam pelayanan akan menjadi nilai plus tersendiri bagi usaha pangkas rambut Anda.

Penutup

Itulah berbagai resiko usaha pangkas rambut yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuka usaha pangkas rambut. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih dan selamat mencoba.

***