Jaringan Internet Lemah, Guru Cari Sinyal ke Kebun Terlantar di Flores Timur

BacaTimes.com – Belakangan foto guru cari sinyal menyita perhatian netizen dengan kondisi dan kisahnya yang memprihatinkan.

Dalam foto tersebut terlihat guru cari sinyal internet di sebuah pondok tua yang sudah tidak terurus dan terlihat rapuh.

Kisah guru cari sinyal tersebut pun spontan viral dan menimbulkan pertanyaan seputar kurangnya infrastruktur di daerah tersebut.

Lantas seperti apa kondisi dan keterangan dari pihak-pihak terkait? Berikut liputannya.

Baca Juga  Viral Video Pasangan Beda Usia Bikin Iri, Warganet Ingin Berguru!

Guru Cari Sinyal Buka Laptop di Pondok Reyot

Foto viral tersebut menunjukkan empat orang guru berpakaian PNS sedang serius memperhatikan laptop masing-masing untuk menyelesaikan pekerjaan.

Uniknya, mereka melakukan hald tersebut di dalam sebuah pondok tua yang tampak tidak terawat dan juga sudah lapuk.

Ternyata hal tersebut dilakukan karena sinyal internet di sekolah tempat mereka bekerja, yaitu SD Negeri Demondei, Desa Demondei, Kabupaten Flores Timur sangat minim.

Selain memiliki sinyal yang cukup baik, pondok tersebut kebetulan memiliki meja dan kursi yang bisa digunakan.

Baca Juga  Kisah Cinta Pasangan Beda 18 Tahun yang Viral! Istri Baru Lahir saat Suami Masuk Kuliah

Keterangan Guru Cari Sinyal dari Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SD Negeri Demondei, Alosius Doni, membenarkan empat orang dalam foto itu memang merupakan guru di sekolahnya.

Dia menjelaskan bahwa foto viral tersebut diambil pada hari Senin (14/03/2022) setelah mereka meminta izin untuk mencari sinyal di luar sekolah.

Pada hari itu keempat guru tersebut harus melakukan instalasi mandiri seleksi akademik peserta pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan yang memerlukan akses internet yang stabil.

“Sekitar 200 meter dari sekolah, kami tiba di tempat itu. Di salah satu kebun yang tidak terurus. Kami masuk di sebuah pondok yang reyot,” tuturnya.

“Kalau tidak seperti itu pasti semua urusan akan terbengkalai. Sekitar 10 tahun kami mengalami kesulitan jaringan internet,” lanjut sang kepala sekolah.

Baca Juga  Arti Kata-Kata Putin Uraa di Akhir Pidato yang Viral di TikTok

Penutup

Tidak dapat dipungkiri, ada beberapa wilayah Indonesia yang belum terlalu dijamah oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait agar memiliki jaringan internet yang layak.

Terlebih lagi, pada masa pandemi seperti sekarang internet adalah salah satu fasilitas yang paling penting untuk menyampaikan informasi.

Semoga di masa depan para guru di garis terdepan dapat bertugas dengan lebih nyaman lagi, sampai jumpa di artikel-artikel viral berikutnya.

***