Permudah Puasa dengan Doa Menyambut Ramadhan Berikut Ini!

BacaTimes.com – Doa menyambut Ramadhan menjadi sesuatu yang belakangan ini dicari banyak muslim yang ingin menghadapi bulan puasa dengan sepenuh hati.

Dengan doa menyambut Ramadhan berikut, para pembaca dapat mengukuhkan hati untuk melaksanakan puasa dengan penuh dan sempurna.

Artikel ini akan menyajikan doa menyambut Ramadhan lengkap dengan bacaan latin, terjemahan, dan artinya.

Langsung saja, berikut doa menyambut Ramadhan dan sedikit pembahasannya.

Baca Juga  Doa Awal Ramadhan Adi Hidayat Agar Puasa Lancar, Penting!

Doa Menyambut Ramadhan 1443 Hijriyah

Menurut Yahya bin Abi Katsir ada doa yang dicontohkan dan digunakan oleh para sahabat Nabi SAW ketika mereka sedang merindukan bulan Ramadhan, yang berbunyi:

“Allahumma sallimni ilaa ramadhana wa sallimli ramadhana wa tasallamhu min mutaqabbala”

Artinya “ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku pada bulan Ramadhan.”

Doa ini dimaksudkan agar sang pelantunnya diberi keselamatan dan agar dipanjangkan usianya agar bisa bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan.

Baca Juga  5 Syarat Sah Puasa dan 2 Rukun Puasa, Muslim Wajib Tahu!

Doa Menyambut Hilal Ramadhan

Selain doa di atas, ada pula doa yang diriwayatkan dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika hilal atau penampakan bulan Ramadhan terlihat dari posisi rembulan.

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islami wattaufiqi lima yuhibbu Rabbuna wayardho robbuna wa Rabbukallahu.

Artinya: “Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.”

Baca Juga  Arti Kata-Kata Putin Uraa di Akhir Pidato yang Viral di TikTok

Penutup

Demikian dua doa yang diharapkan semakin berguna dengan mendekatnya bulan Ramadhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama akan jatuh pada Sabtu tanggal 4 April 2022.

Terlepas dari adanya perbedaan awal bulan Ramadhan atau tidak, kedua doa di atas masih dapat digunakan oleh siapa pun yang berniat menyempurnakan ibadahnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca muslim yang hendak berpuasa, sampai jumpa lagi di artikel-artikel menarik berikutnya.

***