Cara Mendaftar Franchise Air Minum
Cara Mendaftar Franchise Air Minum

Cara Mendaftar Franchise Air Minum

Selain membuka bisnis dengan nama sendiri, memulai bisnis franchise dengan menggunakan merk dagang yang telah dikenal juga bisa menjadi pilihan. Dari sekian banyak ide usaha, franchise air minum menjadi salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati. Namun bagaimana cara mendaftar franchise air minum ini?

Cara Mendaftar Franchise Air Minum Isi Ulang

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis air minum isi ulang, memungkinkan banyak perusahaan air minum isi ulang tersebut akhirnya menawarkan bentuk kerjasama dengan pihak lain, dalam bentuk waralaba/franchise.

Bagi Anda yang berencana untuk menjadi mitra (franchisee) dari usaha franchise air minum isi ulang, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan melakukan sejumlah langkah berikut ini. Diantaranya:

1.Menghubungi Pihak Franchise                             

Cara mendaftar franchise air minum isi ulang yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu dengan menghubungi pihak franchise tersebut. Cara ini juga berlaku bagi Anda yang ingin memulai usaha franchise lainnya, seperti Ide Usaha Franchise Minuman Boba, kopi, ataupun jenis usaha lainnya.

Dengan menghubungi pihak franchise, setidaknya Anda akan memperoleh gambaran yang jelas mengenai berapa biaya franchise yang harus Anda keluarkan, fasilitas apa saja yang nantinya akan Anda dapatkan, persyaratan apa yang saja yang harus dipenuhi, dan yang lainnya.

2. Mengisi Formulir                      

Untuk memudahkan proses pendaftaran, pihak franchise biasanya akan menyarankan Anda untuk mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Anda bisa mengisi data diri Anda, serta sejumlah informasi lainnya yang diperlukan.

Baca Juga  9 Resiko Usaha Pangkas Rambut yang Harus Diketahui

3. Melengkapi Sejumlah Persyaratan yang Diminta          

Pada umumnya, setiap franchise air minum menerapkan persyaratan yang berbeda-beda bagi setiap calon mitra/franchise dari bisnis air minum yang dikelolanya. Meskipun demikian, persyaratan tersebut biasanya tidak terlalu rumit.

Salah satu syarat yang umumnya diterapkan oleh semua franchise air minum isi ulang yaitu Anda diharuskan untuk memiliki lokasi usaha. Baik itu lokasi usaha milik pribadi maupun yang telah Anda sewa sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar franchise air minum juga biasanya menetapkan syarat khusus mengenai ukuran tempat usaha yang akan Anda rintis nantinya. Hal ini dikarenakan, bisnis air minum isi ulang umumnya membutuhkan lokasi usaha dengan ukuran yang jauh lebih luas dari ukuran lokasi dari jenis usaha lainnya.

4. Membayar Uang Muka

Selain sejumlah langkah diatas, cara mendaftar franchise air minum isi ulang lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membayar uang muka. Sebenarnya tidak semua franchise air minum menerapkan kebijakan ini. Hanya saja, sebagai bukti keseriusan Anda, maka sebagian pihak franchise akan menerapkan kebijakan ini.

5. Menunggu Proses Survey

Sebelum proposal pengajuan franchise yang Anda ajukan bisa diterima, biasanya pihak franchise akan mengirimkan tim khusus untuk melakukan survey lokasi. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa data yang Anda masukkan dalam formulir, sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Bukan hanya itu saja, survey lokasi juga dilakukan untuk mengetahui mengenai seberapa besar potensi bisnis air minum isi ulang yang akan Anda buka nantinya, jika dilihat dai lokasi tempat usaha yang Anda miliki, ataupun yang Anda sewa untuk usaha franchise air minum isi ulang tersebut.

Baca Juga  Berikut Adalah Peluang Usaha Makaroni Goreng Rumahan

6. Menunggu Konfimasi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan bilamana proses survey telah dilakukan yaitu dengan menunggu konfirmasi dari pihak franchise. Biasanya, poses ini berlangsung dalam beberapa minggu. Namun ada juga yang berlangsung hingga 1 ataupun 2 bulan lamanya, tergantung dari kebijakan pihak franchise air minum tersebut.

7. Menyelesaikan Proses Pembayaran Biaya Franchise

Setelah proposal pengajuan franchise yang Anda ajukan bebeapa waktu lalu diterima oleh pihak franchise, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu melunasi biaya franchise, dengan besaran yang telah disepakati oleh kedua pihak seelumnya.

Hal ini dilakukan agar proses renovasi tempat usaha, serta proses training karyawan dan pendampingan dalam hal manajemen bisa segera dilakukan. Sehingga Anda bisa segera memulai usaha franchise air minum isi ulang tersebut secepatnya.

 

Itu dia cara mendaftar franchise air minum yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Ada baiknya, sebelum Anda melakukan langkah-langkah diatas, Anda telah memiliki lokasi tempat usaha yang Anda persiapkan sebelumnya, agar proses pengajuan proposal bisa berlangsung dengan mudah dan cepat.