Cara Mendaftar Menjadi Agen LPG 3Kg
Cara Mendaftar Menjadi Agen LPG 3Kg

Cara Mendaftar Menjadi Agen LPG 3Kg

Setelah Anda melengkapi sejumlah Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Agen LPG 3Kg, maka kini tiba waktunya bagi Anda untuk mendaftar menjadi agen LPG 3kg, yang bisa Anda lakukan secara langsung ke pihak Pertamina. Namun bagaimana cara mendaftar menjadi agen LPG 3kg ini?

Inilah Cara Mendaftar Menjadi Agen LPG 3Kg yang Paling Mudah!

Untuk menjadi agen LPG 3kg, langkah yang tepat tentunya dengan mendaftar menjadi agen tersebut secara langsung ke pihak Pertamina. Adapun caranya antara lain:

1.Login ke Situs Pertamina        

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar menjadi agen LPG 3kg yaitu dengan login ke situs Pertamina. Khususnya situs Pertamina yang ditujukan khusus bagi setiap pelaku usaha yang ingin mengajukan kerjasama (kemitraan) dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Anda bisa langsung melakukan pendaftaran di situs Kemitraan Pertamina ini di laman https://kemitraan.pertamina.com/.

2. Lakukan Proses Input Data dengan Benar

Setelah Anda berhasil masuk ke situs Kemitraan Pertamina, maka cara mendaftar menjadi agen LPG 3kg selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melakukan proses input data. Dimana dalam tahap ini, Anda biasanya diminta untuk mengisi sejumlah data yang diperlukan, yang meliputi data diri dari pelaku usaha, data perusahaan, hingga data mengenai lokasi tempat agen LPG 3kg tersebut akan berdiri nantinya.

3. Masuk ke Tahapan Verifikasi Awal

Jika Anda telah berhasil melakukan proses input data di situs Kemitraan Pertamina tersebut, maka selanjutnya, Anda akan masuk ke tahapan verifikasi awal. Dimana dalam tahapan ini, Anda akan melalui 2 tahapan seleksi, yang terdiri dari:

  • Tahapan seleksi mengenai kesiapan finansial. Dimana dalam tahapan ini, calon agen LPG 3kg biasanya akan diberikan sejumlah pertanyaan hingga sejumlah tes lainnya, yang dilakukan untuk mencari tahu mengenai kemampuan calon agen LPG 3kg tersebut, yang berkaitan dengan kemampuan finansialnya
  • Tahapan seleksi mengenai kesiapan lahan. Setelah melalui seleksi pertama, yang tak lain adalah seleksi finansial. Maka di tahapan ini, calon agen LPG 3kg diharuskan untuk mengikuti tahapan seleksi mengenai kesiapan lahan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah lahan yang akan dijadikan menjadi tempat agen LPG 3kg tersebut, sesuai dengan kebijakan Pertamina atau tidak. Lahan tempat usaha tersebut bisa berupa lahan milik pribadi, maupun lahan yang disewa pemilik usaha untuk dijadikan tempat agen LPG 3kg nantinya
Baca Juga  8 Jenis Kopi untuk Usaha Warung Kopi Tradisional, Peluang Tinggi!

4. Verifikasi Lapangan

Cara mendaftar menjadi agen LPG 3kg selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah melalui verifikasi awal, yaitu dengan mengikuti tahapan verifikasi lapangan. Namun berbeda dengan tahapan verifikasi awal, pada verifikasi lapangan ini biasanya akan dilakukan oleh petugas Pertamina, yang dilakukan untuk mencari tahu apakah data yang Anda berikan pada saat input data, dan dalam tahapan verifikasi awal sebelumnya, sesuai dengan data yang ditemui di lapangan atau tidak.

5. Proses Pengisian Data dan Registrasi Tahap Akhir

Setelah melakukan sejumlah langkah diatas, maka tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan proses pengisian data dan juga registrasi tahap akhir. Dimana dalam tahap ini, Anda akan diminta untuk melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini. Diantaranya :

  • Mengisi data mengenai lokasi tempat usaha/agen LPG 3kg
  • Melakukan registrasi
  • Melakukan aktivasi akun
  • Melengkapi data mengenai profil dari Anda sendiri sebagai pemilik usaha
  • Melengkapi data mengenai profil perusahaan, serta
  • Mengisi data mengenai tata letak dari tempat agen LPG 3kg yang akan Anda rintis nantinya

Jika cara mendaftar menjadi agen LPG 3kg diatas telah Anda lakukan dengan benar. Maka untuk selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak Pertamina. Barulah jika pengajuan Anda tersebut disetujui, maka pihak Pertamina biasanya akan menerbitkan kontrak perjanjian, yang menunjukkan bahwa Anda diterima sebagai agen LPG 3kg, dan bisa memulai usaha dalam menyalurkan (distribusi) LPG 3kg, ke sejumlah pengecer.