Berapa Modal untuk Usaha Jual Beli Pulsa?
Berapa Modal untuk Usaha Jual Beli Pulsa?

Berapa Modal untuk Usaha Jual Beli Pulsa?

Semua orang pastinya mengetahui bahwa setiap usaha tentunya membutuhkan modal. Hanya saja, ada beberapa diantaranya yang membutuhkan modal yang besar, namun ada juga yang bisa dimulai dengan modal yang minim. Lalu bagaimana dengan usaha jual beli pulsa? Berapa modal untuk usaha jual beli pulsa ini? Penjelasan mengenai hal itu isa Anda simak di bawah ini!

Berapa Modal untuk Jual Beli Pulsa?

Dengan banyaknya distributor pulsa di masa ini, memungkinkan usaha jual beli pulsa bisa dilakukan oleh siapa saja, dan dimana saja. Dalam arti, untuk membuka usaha jual beli pulsa ini, Anda tidak perlu memiliki tempat khusus, meskipun memang ada baiknya Anda memilikinya.

Dengan kata lain, hanya dengan mengandalkan hp android serta Sim Card yang Anda miliki, maka Anda bisa memulai untuk berjualan pulsa. Dengan kata lain, dimanapun Anda berada, Anda bisa menawarkan pulsa yang Anda jual kepada teman, saudara, maupun orang-orang terdekat Anda.

Dengan adanya kemudahan tersebut, apakah hal ini juga mempengaruhi mengenai berapa modal untuk usaha jual beli pulsa ini? Bisa dibilang hal tersebut ada kaitannya juga. Karena kini, banyak distributor pulsa yang menawarkan jumlah deposit dengan harga yang minim.

Pada umumnya, deposit yang ditawarkan oleh sejumlah distributor pulsa mulai dari 50 ribu rupiah, namun ada juga yang memberikan layanan deposit minimal 250 ribu rupiah. Deposit sendiri merupakan modal awal yang Anda sertakan untuk memulai usaha jual beli pulsa, yang tersimpan di SIM Card hp Anda, dalam bentuk saldo pulsa.

Baca Juga  Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terbaik 2021

Dengan kata lain, jika Anda menyetor deposit sehaga 50 ribu rupiah, maka saldo pulsa yang tersimpan di hp android Anda tersebut tak lain yaitu sebesar 50 ribu rupiah. Dimana saldo pulsa tersebut akan berkuang, saat Anda melakukan tarnsaksi penjualan pulsa.

Dari penjelasan diatas, apakah hal itu diartikan bahwa modal untuk jual beli pulsa ini hanya sekitar 50 ribu upiah saja? Bisa jadi demikian. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, jika Anda menyertakan modal dengan nominal 50 ribu rupiah tersebut.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berjualan Pulsa

Meskipun Anda sudah bisa berjualan pulsa hanya dengan mengandalkan hp android serta SIM Card dengan deposit sebesar 50 ribu rupiah saja. Namun sebenarnya, ada hal-hal lainnya yang perlu Anda perhatikan, agar Anda tidak kehilangan pelanggan/konsumen. Diantaranya:

1.Pastikan Saldo Pulsa Selalu Cukup    

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai usaha jual beli pulsa yaitu memastikan bahwa saldo pulsa di hp dan SIM Card Anda selalu cukup. Dalam arti, saat konsumen membutuhkan pulsa dengan nominal berapapun, Anda bisa melayaninya dengan baik.

Dengan kata lain, Anda perlu memastikan bahwa saldo pulsa yang Anda miliki bisa selalu tesedia, kapanpun konsumen Anda membutuhkannya. Namun bagaimana dengan modal sekitar 50 ribu rupiah? Apakah Anda bisa memastikan bahwa dengan deposit sebesar 50 ribu rupiah tersebut bisa melayani konsumen yang membutuhkan pulsa dengan nominal 50 ribu rupiah misalnya? Lalu berapa modal untuk jual beli pulsa yang seharusnya?

2. Ada Baiknya Menggunakan 2 Server atau Lebih  

Meskipun setiap distributor pada umumnya menawarkan layanan transaksi yang cepat. Namun ada kalanya, ada beberapa server yang mengalami kendala/gangguan, yang mengakibatkan proses transaksi menjadi lebih lambat dari biasanya.

Baca Juga  Asal-Usul dan Pengertian Metaverse Ternyata Ini Fakta Sejarahnya!

Dimana hal ini tentunya akan membuat konsumen Anda merasa kecewa. Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya Anda menggunakan 2 server atau lebih, yang berasal dari distributor yang berbeda. Sehingga saat server yang satu mengalami gangguan, Anda masih bisa menggunakan server yang lainnya.

Dengan demikian, jika Anda menggunakan server lebih satu, tentunya modal sebesar 50 ribu rupiah tidak akan cukup. Karena jika Anda menyetor deposit minimal 50 ribu rupiah saja pada 1 distributor, maka jika Anda menggunakan 2 server dari 2 distributor, tentunya modal yang harus Anda persiapkan minimal 100 ribu rupiah, bukan? .

Dengan kata lain, meskipun usaha jual beli pulsa ini bisa dilakukan dengan modal 50 ribu rupiah saja, maka untuk mengatasi gangguan pada server, ada baiknya Anda menyertakan modal lebih dari itu, untuk menggunakan server lebih dari satu, dari distributor yang berbeda. Namun perlu diingat, jika Anda menggunakan 2 server maupun lebih, maka tentunya, Anda perlu memiliki hp dan juga SIM Card lebih dari satu.

Sebenarnya, Berapa Modal yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Jual Beli Pulsa?

Dari penjelasan diatas bisa diketahui, meskipun setiap distributor menawarkan deposit dengan minimal 50 ribu rupiah. Namun ada baiknya Anda tidak menyertakan deposit dengan batas minimal tersebut.

Hal ini dilakukan, tentunya untuk menghindari kekurangan stok saldo pulsa, bilamana konsumen/pelanggan berniat untuk membeli pulsa dengan nominal yang lebih besar. Misalnya nominal 25 ribu, 50 ribu, dan seterusnya.

Bukan hanya itu saja, dengan modal lebih dari 50 ribu rupiah juga bisa Anda manfaatkan untuk membeli saldo pulsa dari 2 distributor atau lebih. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Tentunya untuk menghindari gangguan pada server yang digunakan, jika Anda hanya menggunakan 1 server, dari 1 distributor saja.

Baca Juga  8 Jenis Kopi untuk Usaha Warung Kopi Tradisional, Peluang Tinggi!

Lalu pertanyaannya kini adalah berapa modal untuk usaha jual beli pulsa ini? Solusi terbaik yaitu dengan menyiapkan dana/modal minimal sebesar 500 ribu rupiah. Dimana dengan modal sebesar itu, bisa Anda gunakan untuk membeli saldo pulsa dalam jumlah yang besar, yang dibeli dari 2 distributor yang berbeda.

Untuk ke depannya, Anda bisa menambahkan modal yang lebih besar, ataupun merangkap sebagai agen PPOB, dengan terlebih dahulu menjadi agen tersebut, sesuai dengan Cara Mendaftar Menjadi Agen PPOB, yang telah ditetapkan.