Bagaimana Cara Menjadi Franchise Indomaret?
Bagaimana Cara Menjadi Franchise Indomaret?

Bagaimana Cara Menjadi Franchise Indomaret?

Indomaret adalah satu minimarket di Indonesia yang bisa dibilang telah memiliki brand yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, jika Anda menjadi franchise dari minimarket tersebut, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis, tanpa harus melakukan promosi terlebih dahulu. Namun bagaimana cara menjadi franchise Indomaret?

Ingin Tahu Bagaimana Cara Menjadi Franchise Indomaret? Yuk Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!

Indomaret merupakan salah satu minimarket yang telah berdiri sejak tahun 1997 yang lalu. Dengan program kemitraan (franchise) yang diluncurkannya, menjadikan minimarket tersebut kini telah memiliki gerai hingga 700 unit, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu alasan mengapa banyak pelaku usaha yang berminat untuk menjadi franchisee (mitra franchise) dari minimarket tersebut yaitu karena sistem manajemen yang sehat serta banyaknya masyarakat yang lebih tertarik untuk berbelanja di minimarket, dibandingkan dengan berbelanja di pasar swalayan.

Anda juga sebenarnya bisa menjadi franchise dari Indomaret. Dengan kata lain, selain bisa menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari, Anda juga bisa menjadi agen PPOB, dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran sesuai Cara Mendaftar Menjadi Agen PPOB yang berlaku. Namun bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

1.Melengkapi Pesyaratan          

Bagaimana cara menjadi franchise Indomaret? Langkah pertama yaitu dengan melengkapi sejumlah persyaratan. Hal ini dilakukan, agar proses pengajuan yang Anda lakukan nantinya bisa dengan mudah diterima.

Apa saja persyaratan yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

  • Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Memiliki jiwa interpreneur, khususnya di bidang retail
  • Memiliki atau menyediakan lahan yang dibutuhkan untuk gerai Indomaret nantinya dengan ukuran minimal 120m² hingga 200m²
  • Memiliki suat izin untuk mendirikan toko, yang terdrii dari surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan yang lainnya
  • Menyediakan dana franchise sebesar 394 juta rupiah
Baca Juga  Berapa Modal untuk Usaha Jual Beli Pulsa?

2. Menghubungi Pihak Indomaret       

Setelah sejumlah pesyaratan diatas telah Anda lengkapi, maka untuk selanjutnya, Anda bisa menghubungi pihak Indomaret. Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi situs Kemitraan Indomaret.

3. Mengisi Formulir

Setelah melakukan kedua langkah diatas, bagaimana cara menjadi franchise Indomaret selanjutnya? Tentunya dengan mengisi formulir pengajuan franchise. Biasanya, pengisian formulir ini dilakukan pada situs Kemitraan Indomaret. Dengan kata lain, Anda bisa mengunjungi situs tersebut, sekaligus mengisi formulir franchise.

4. Menunggu Proses Survey Dilakukan

Untuk mengetahui apakah Anda layak menjadi franchisee Indomaret atau tidak, biasanya pihak Indomaret akan melakukan survey. Dimana survey ini dilakukan dengan cara mencocokkan data yang ada pada dokumen/persyaratan yang telah Anda persiapkan sebelumnya, dengan data yang ditemui di lapangan. Jika pengajuan Anda diteima, maka pihak Indomaret biasanya akan segera menghubungi Anda, untuk melakukan kontrak kerjasama franchise.

5. Penandatangan Kontak dan Penyerahan Dana Franchise

Sepeti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa setelah survey dilakukan dan Anda diterima menjadi franchise Indomaret, maka untuk selanjutnya, pihak Indomaret dan juga Anda sebagai fanchisee dari Indomaret tersebut akan melakukan penandatangan kontrak, yang dilanjutkan dengan penyerahan dana franchise senilai 394 juta rupiah.

Dengan melakukan sejumlah langkah tersebut, maka kini Anda bisa menjalankan bisnis minimaket dengan brand Indomaret. Sekedar informasi, dengan dana franchise senilai 394 juta tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan sejumlah fasilitas yang terdiri dari fasilitas renovasi gerai dan penambahan listrik senilai 170 juta rupiah.

Selain itu, nantinya, Anda juga akan mendapatkan sejumlah peralatan elektronik dan juga non elektronik sebesar 178 juta rupiah, biaya promosi senilai 9,5 juta rupiah, serta franchise fee untuk jangka waktu 5 tahun sebesar 3 juta rupiah.

Baca Juga  8 Bisnis Minuman Kemasan Cup Ini, Punya Segudang Keuntungan, lho!