6+ Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalankan Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare
6+ Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalankan Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

6+ Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalankan Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Bisnis/usaha maklon kosmetik dan skincare merupakan salah satu bisnis/usaha yang menguntungkan, mengingat banyaknya kaum hawa yang menyadari akan pentingnya kedua produk kecantikan tersebut. Namun tahukah kamu, bahwa ada sejumlah tahapan yang harus dilalui untuk menjalankan usaha maklon kosmetik dan skincare ini. Apa sajakah itu?

6 Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalankan Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Jika ada yang bertanya mengenai “Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Kosmetik dan Skincare?” pastinya kamu akan menjawab konsep, brand, jasa maklon, dan juga perizinan. Namun selain hal-hal penting tersebut, sebenarnya ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seorang pemilik usaha maklon kosmetik dan skincare, untuk menjalankan bisnisnya tersebut.

Dimana tahapan yang dimaksud meliputi:

1.Tahapan Penentuan Konsep              

Konsep merupakan hal penting yang pertama kali harus kamu persiapkan saat akan membuka usaha maklon kosmetik dan skincare. Dengan demikian, proses penentuan konsep ini menjadi tahapan awal yang harus kamu lalui untuk menjalankan bisnis produk kecantikan tersebut.

Konsep yang dimaksud disini meliputi penentuan mengenai jenis produk, varian produk, komposisi produk, dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk kosmetik dan skincare yang akan kamu buat nantinya.

2. Tahapan dalam Pembuatan Sampel Produk         

Untuk merealisasikan konsep yang telah kamu buat, dan sebelum produk bisa diterima oleh pelanggan, tentunya kamu perlu membuat contoh/sampel produk. Dimana dengan sampel produk tersebut, akan diketahui, apakah produk kosmetik/skincare yang akan kamu buat tersebut layak dijual ke pelanggan ataukah tidak.

Baca Juga  Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret

Untuk melakukan pembuatan sampel produk ini ada baiknya kamu bekerjasama dengan pihak ketiga. Khususnya pihak jasa maklon yang biasanya telah berpengalaman dalam memproduksi produk-produk maklon kosmetik dan skincare. Termasuk diantaranya dengan pembuatan sampel produk maklon ini.

Namun sebelum kamu bekerjasama dengan jasa maklon tersebut, dan melakukan tahapan yang harus dilalui untuk menjalankan usaha maklon kosmetik dan skincare selanjutnya, kamu perlu mempelajari kontrak kerja yang akan kamu tandatangani dengan jasa tersebut. Dalam arti, apakah setiap kebijakan dan persyaratan yang tertulis dalam kontrak tersebut sesuai dengan keinginanmu atau tidak.

3. Tahapan Pendaftaran Brand/Merk  

Pada umumnya, proses pendaftaran merk/brand ini dilakukan secara langsung ke Dirjen Hak Intelektual Indonesia (dirjen HKI). Dimana sejumlah persyaratan yang harus kamu lengkapi dalam tahapan yang harus dilalui untuk menjalankan usaha maklon kosmetik dan skincare dalam pendaftaran brand/merk ini antara lain:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi scan tanda tangan, dan juga
  • Logo serta nama dari produk, yang akan menjadi brand/merk produk kosmetik dan skincare yang akan kamu jalankan nantinya

4. Tahapan Pendaftaran Legalitas Produk

Selain pendaftaran brand/merk ke Dirjen HKI, kamu juga perlu mendaftarkan legalitas produk maklon kosmetik dan skincare yang kamu jalankan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta sertifikasi halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Adapun beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan antara lain:

  • Surat pengedaran produk
  • Daftar produk beserta komposisi produk
  • Sampel produk
  • Surat pembagian brand/merk terkait dengan kerjasama yang kamu lakukan dengan jasa maklon, serta
  • Desain kemasan

5. Tahapan Produksi

Jika sejumlah tahapan diatas telah kamu lalui dengan baik, maka kini, kamu bisa melakukan tahapan terakhir, yang tak lain adalah tahapan produksi. Seperti halnya proses pembuatan sampel produk, proses produksi ini hendaknya dilakukan oleh perusahaan/pabrik yang sama.

Baca Juga  Kirim Paket COD ke Kuburan Nama Penerima Ganjil dan Bikin Merinding Kurir!

Oleh karena itu, penting kiranya bagi kamu untuk memilih jasa maklon yang tepat, yang mau melakukan proses produksi, sekaligus mau membuat sampel produk, sebelum akhirnya produk tersebut dibuat secara resmi.

Dengan menyimak sejumlah tahapan diatas, kiranya kini kamu telah mengetahui bahwa ternyata, tahapan yang harus dilalui untuk menjalankan usaha maklon kosmetik dan skincare ini tidaklah mudah.

Meskipun demikian, ada beberapa jasa maklon yang menawarkan jasa pembuatan maklon kosmetik dan skincare ini mulai dari tahapan awal hingga tahapan akhir. Jika kamu memilih cara yang terakhir, maka kamu perlu menanyakan terlebih dahulu mengenai biaya maklon, prosedur, persyaratan, hingga kebijakan lainnya yang ditawarkan oleh pihak jasa maklon tersebut.