Ide Bisnis Ikan Cupang Praktis Tanpa Ribet

Ide Bisnis Ikan Cupang Praktis Tanpa Ribet

Menurut statistik terbaru, survei yang dilakukan oleh American Pet Products Association (APPA) menemukan bahwa pada 2019/2020, 11,5 juta rumah tangga Amerika memiliki ikan tropis. Melihat potensi tersebut, ide bisnis ikan cupang adalah hal yang menjanjikan untuk ke depannya.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa $19,2 miliar dihabiskan untuk hewan hidup dan produk terkait. Jadi, dengan pemikiran ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah menjual ikan cupang bisa menjadi cara untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sebelum Anda menjadi pembudidaya ikan cupang, Anda perlu mengetahui di mana dan bagaimana cara menjual ikan Anda.

Dalam panduan ini, kita melihat persyaratan untuk memelihara ikan dan mendirikan peternakan ikan cupang untuk mendapatkan keuntungan.

Pentingnya Pengalaman

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, Anda harus jujur ​​tentang pengalaman Anda dengan perawatan dan pembiakan cupang.

Ada lebih banyak hal untuk membuat peternakan ikan, bahkan dalam skala kecil daripada hanya memelihara satu atau dua jantan, menambahkan beberapa betina secara acak, dan membiarkan alam melakukan sisanya. Sebagian besar penggemar berat Betta akan mengharapkan ikan datang dalam proporsi yang terbukti, terutama jika Anda berniat membiakkan ikan untuk sirkuit pertunjukan.

Untuk memelihara ikan secara komersial dan pada skala yang berpotensi menguntungkan membutuhkan pengetahuan, ruang yang cukup, banyak peralatan khusus, dan waktu.

Anda juga harus siap untuk mengecualikan ikan apa pun yang tidak sesuai dengan sasaran. Toko ikan lokal Anda akan sering membeli makhluk malang ini dari Anda untuk digunakan sebagai ikan pengumpan.

Peralatan dan Bangunan

Agar berhasil mengumpulkan cupang yang cukup untuk dijual sebagai bisnis yang menguntungkan, Anda memerlukan banyak ruang untuk menyiapkan tangki pemijahan, tangki pemeliharaan larva, tangki rumah sakit, dan akomodasi jantan dan betina yang terpisah.

Jelas, ruang harus memiliki banyak ruang untuk lemari Anda, dan juga harus ada banyak soket listrik yang mudah diakses. Akuarium atau kolam terdekat dan drainase dalam ruangan sangat penting untuk semua penggantian air dan pemeliharaan yang akan Anda lakukan, dan Anda akan membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk obat-obatan, makanan cupang, dan persediaan pemeliharaan ikan umum.

Anda juga akan memerlukan area kantor kecil untuk pemrosesan pesanan, pembuatan faktur, pengelolaan situs web Anda, dll., dan area penyimpanan terpisah untuk menyimpan bahan kemasan yang berguna juga.

Baca Juga  Kisaran Modal untuk Usaha Paket Aqiqah

Seperti yang Anda lihat, bahkan proses beternak ikan di rumah membutuhkan pengeluaran modal yang cukup besar untuk melengkapi dan mengoperasikannya. Ada juga overhead berkelanjutan yang perlu dipertimbangkan, seperti sewa, listrik, air, makanan, media filter alternatif, pendingin air, dll.

Hukum dan Regulasi

Sebagian besar kotamadya dan pemerintah negara bagian setempat memiliki peraturan tentang budidaya ikan komersial di tempat tinggal lokal, dan Anda perlu memahami undang-undang ini untuk memastikan bahwa apa yang Anda rencanakan tidak ilegal.

Anda mungkin perlu mendapatkan izin kerja untuk beroperasi dan berdagang secara legal dari rumah Anda. Juga, dewan lokal Anda mungkin ingin tahu apakah operasi Anda kemungkinan akan meningkatkan lalu lintas di wilayah Anda.

Banyak petani ikan berdagang secara internasional. Tapi Anda harus tahu pasar Anda. Misalnya, sebagian besar ikan cupang diekspor ke Amerika Serikat dari Thailand dan Asia Selatan, sehingga Anda dapat menjual ikan Anda secara lokal, tergantung di mana Anda tinggal.

Menjual Ikan ke Luar Negeri

Namun, jika Anda ingin mengekspor ikan cupang ke negara yang memiliki permintaan, Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda lakukan legal. Oleh karena itu, periksa peraturan federal mengenai ekspor ikan hidup, seperti yang diberlakukan oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS. Jika Anda ditemukan melanggar peraturan, Anda akan dituntut, jadi luangkan waktu untuk memeriksa apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan.

Setiap negara di dunia memiliki aturannya masing-masing mengenai impor ikan peliharaan hidup. Beberapa negara lebih mudah untuk mengimpor daripada yang lain. Misalnya, Kolombia sangat sulit, sedangkan di Cina, Hong Kong, dan Australia, proses impornya relatif mudah.

Tempat untuk Menjual

Setelah Anda memiliki proses budidaya ikan cupang yang sukses, Anda akan membutuhkan tempat untuk menjual stok Anda. Ada beberapa outlet potensial yang mungkin layak dipertimbangkan:

Toko ikan lokal

Sebagian besar toko ikan mendapatkan ikan mereka dari peternak melalui pemasok pihak ketiga. Seringkali, ikan diimpor, yang menyebabkan harga lebih tinggi, dan ikan tidak selalu berkinerja baik dalam perjalanan. Oleh karena itu, sumber lokal mungkin menarik bagi toko ikan lokal di sekitar Anda.

Namun, toko serba ada cenderung menawarkan kredit hobi daripada uang tunai. Namun, Anda mungkin menemukan bahwa toko regional terbuka untuk berdagang dengan Anda secara bisnis, karena pemasok lokal akan menghemat biaya transportasi. Meskipun mungkin tergantung pada Anda menawarkan beta ke pengecer dengan harga yang kompetitif.

Baca Juga  4+ Tips Membuka Usaha Internet RT RW Net

Toko ikan menempatkan harga premium pada harga ikan yang mereka jual untuk mendapatkan keuntungan. Ini berarti bahwa Anda hanya akan mendapatkan sekitar 25% hingga 35% dari harga eceran, yang kemungkinan besar akan berdampak besar pada penghasilan Anda.

Jual Online

Kebangkitan dan kebangkitan internet telah melihat peningkatan besar dalam penjualan ikan secara online. Ini adalah pasar untuk masuk, terutama jika Anda mempertahankan transaksi lokal Anda.

Penjualan online memotong perantara. Anda dapat menjual ikan Anda dengan nilai pasar saat ini dan setiap keuntungan yang Anda hasilkan langsung masuk ke kantong Anda.

Penjualan Lelang

Ada banyak situs lelang yang mengkhususkan diri dalam menjual ikan hidup, dan cupang adalah salah satu yang paling populer. Jika Anda memiliki ikan cupang yang dibesarkan dengan baik, tidak biasa, atau langka untuk dijual, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak di pelelangan daripada yang Anda dapatkan dari toko hewan peliharaan.

Beberapa tahun yang lalu, ikan cupang emas langka dijual dengan harga $1.500 yang luar biasa di pelelangan! Anda akan membayar komisi atas penjualan Anda ke rumah lelang. Namun, keuntungan apa pun setelah itu akan menjadi milik Anda.

Media sosial

Membuat situs web dan mempromosikan beta rumah Anda melalui media sosial dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif yang dapat menghasilkan penjualan.

Kelemahan utama dari pendekatan ini adalah membutuhkan waktu yang lama. Untuk menjaga nama dan wajah Anda di depan pembeli potensial, Anda harus terus memperbarui situs Anda dan bersosialisasi dengan posting baru, tweet, dll. Namun, Anda dapat melakukan outsourcing relatif murah.

Sekali lagi, setiap keuntungan yang Anda hasilkan adalah milik Anda.

Kiat Penjualan

Pembeli ingin tahu bahwa uang hasil jerih payah mereka dihabiskan untuk ikan sehat yang akan tiba dalam kondisi baik. Juga, sebagian besar penggemar cupang ingin tahu di mana hadiah hewan peliharaan mereka secara genetik.

Di situs web Anda dan salinan pemasaran Facebook, pastikan untuk menekankan bahwa ikan yang Anda jual berasal dari pembiakan lokal, dan sertakan banyak foto penyiapan penangkaran Anda. Fokus pada upaya Anda untuk memelihara ikan sehat yang dipelihara dalam kondisi bersih.

Posting blog dan artikel informatif tentang semua hal yang berhubungan dengan cupang adalah cara yang bagus untuk memberi suara otoritas kepada peternak kecil Anda. Ini diterjemahkan menjadi kepercayaan konsumen, yang pada gilirannya diterjemahkan menjadi penjualan.

Yang terpenting, Anda harus menyertakan silsilah keluarga dan informasi genetik tentang setiap ikan yang Anda jual. Pembeli menyukai informasi ini, sebagian karena reputasi memiliki spesimen yang dibesarkan dengan baik tetapi juga karena aspirasi pengembangbiakan Cupang mereka.

Baca Juga  Tips Berjualan di CFD

Komunikasi

Dibutuhkan waktu, uang, dan upaya untuk memelihara ikan cupang yang cantik, jadi lakukan segala upaya untuk memastikan ikan Anda tiba di rumah baru mereka dalam kondisi baik.

Cara mengemas ikan cupang untuk pengiriman

Gunakan tas pengangkut ikan khusus anti bocor yang cukup besar untuk cupang Anda.
Isi kantong sekitar 1/3 penuh dengan air untuk cupang kecil, atau penuh untuk ikan berukuran lebih dari 2,5 inci.
Jangan memberi makan ikan satu sampai tiga hari sebelum pengiriman. Hal ini memberikan waktu bagi sisa-sisa makanan untuk melewati ikan sebelum dikemas sehingga air tetap bersih saat ikan melewatinya.
Selalu masukkan ikan ke dalam kantong ganda. Tempatkan tas kedua terbalik di atas yang pertama. Ikat tas pertama, perkuat simpul dengan karet gelang.
Gunakan kotak kokoh yang dilapisi dengan pendingin busa berinsulasi, yang menjaga suhu di dalam tas tetap stabil.
Letakkan pengisi di sekitar tas untuk memastikannya berdiri tegak di dalam kotak dan tidak akan terbalik.
Beri label pada kotak “Ini Jalan Ke Atas” dan “Ikan Hidup” di semua sisi dengan jelas.

Selalu kirim cupang semalaman, dan pastikan pembeli akan ada di rumah untuk mengambilnya.

Jika ikan akan dipindahkan lebih dari 48 jam, atur untuk dikemas ulang dan diberi oksigen ulang sebelum batas waktu ini.

Jaminan Akses Langsung

Aspek terpenting dalam menjual ikan adalah ternak Anda tiba dengan pembeli dalam keadaan hidup dan dalam kondisi baik.

Secara umum, pengangkut menjamin ikan hidup dengan pengiriman semalaman, tetapi ini mungkin tidak berlaku untuk ekspor luar negeri, di mana penundaan bea cukai dapat berarti penangguhan beberapa hari.

Sayangnya, keterlambatan transportasi yang tidak terduga dan tekanan pengalaman membuat ikan sering tiba mati atau tidak hidup lebih dari beberapa hari setelah tiba dengan pembeli. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan jaminan kepada pelanggan Anda bahwa mereka akan diganti atau dikembalikan uangnya jika ikan cupang mati.

Beberapa penjual juga menawarkan diskon untuk pengembalian kemasan, yang dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang dan meningkatkan laba Anda.

Kesimpulan

Jika Anda menyukai ikan cupang dan ingin mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan, Anda mungkin ingin menjual ikan rumahan Anda.

Pertama-tama, saya sarankan Anda meninjau undang-undang tentang menjalankan bisnis budidaya ikan rumahan di negara bagian dan kota Anda, membuat situs web tempat Anda dapat mengiklankan ikan cupang cantik Anda, dan menggunakan media sosial untuk memasarkan ternak Anda.

Apakah Anda menikmati panduan ini? Jika Anda melakukannya, jangan lupa untuk membagikannya!