Cara Membeli Saham Praktis Tanpa Ribet

Cara Membeli Saham Praktis Tanpa Ribet

Apa yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi di saham? Perdagangan saham bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan pengembalian uang Anda, tetapi kurang bermanfaat jika Anda membayar melalui hidung seseorang untuk melakukan perdagangan itu untuk Anda. Simak cara membeli saham yang akan kami bagikan ini.

Panduan ini memandu Anda melalui dasar-dasar apa itu saham dan apa yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi.

Peringatan: Tidak ada jaminan saat berinvestasi

Sebelum Anda mulai berinvestasi, Anda perlu tahu bahwa masih ada jalan panjang sebelum Anda memasukkan uang Anda ke rekening bank tempat Anda mendapatkan bunga. Berinvestasi adalah pertaruhan – alih-alih pengembalian yang dijamin, Anda mempertaruhkan uang Anda.

Ini berarti Anda bisa kehilangan uang dan juga mendapat untung. Jika Anda tidak setuju dengan ini, investasi mungkin tidak tepat untuk Anda.

Apa Itu Saham?

Saham hanyalah unit yang dibagi dari nilai perusahaan. Misalnya, jika perusahaan bernilai £100 juta, dan ada 50 juta saham, maka setiap lembar saham bernilai £2 (biasanya terdaftar sebagai 200 pence). Saham-saham ini bisa naik turun nilainya karena berbagai alasan.

Perusahaan menerbitkan saham untuk mengumpulkan uang dan investor (yaitu Anda) membeli saham di perusahaan karena mereka percaya perusahaan akan melakukannya dengan baik dan ingin “berbagi” dalam kesuksesannya.

Bagaimana Berinvestasi di Saham?

Ada dua cara untuk menghasilkan uang dari investasi. Salah satunya adalah meningkatkan nilai saham, yang berarti Anda mendapat untung saat menjualnya. Yang lainnya adalah jika mereka membayar dividen. Hal ini harus diperhatikan saat Anda ingin mengetahui cara membeli saham yang benar.

Dividen sedikit mirip dengan bunga pada rekening tabungan. Jika perusahaan mendapat untung, mereka dapat memilih untuk mengembalikan sebagiannya kepada Anda – ini bisa secara teratur atau satu kali. £2.000 per tahun pertama yang dibayarkan dalam bentuk dividen bebas pajak, meskipun di atas ini dikenakan pajak sebesar 7,5% untuk pembayar pajak tarif dasar, 32,5% untuk pembayar pajak dengan tarif lebih tinggi, dan 38,1% untuk pembayar pajak dengan tarif tambahan. .

Namun, nilai saham juga dapat turun dan/atau perusahaan dapat memutuskan untuk tidak membagikan dividen, sehingga tidak ada jaminan.

Haruskah Berinvestasi di Saham?

Ini adalah keputusan yang sangat pribadi, karena hanya Anda yang akan tahu apakah Anda bersedia mempertaruhkan sebagian uang Anda, dan jika ya, berapa banyak – kami tidak dapat memberi tahu Anda apakah investasi itu tepat untuk Anda.

Tetapi jika Anda akan melakukannya, dan Anda yakin bahwa Anda mungkin kehilangan jumlah yang Anda investasikan, berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat. (Investor pemula? Baca panduan pemula untuk berinvestasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang apa yang terlibat.)

Investasi umumnya merupakan pilihan jangka panjang – Anda harus berinvestasi setidaknya selama lima tahun. Sebagai aturan umum, lima tahun memberikan waktu yang cukup untuk mengatasi hambatan apa pun di pasar yang dapat mengakibatkan Anda kehilangan uang. Jika Anda tahu Anda harus mengakses uang Anda sejak dini, investasi mungkin bukan jalan yang tepat untuk Anda.

Baca Juga  Kode Promo Adiraku Maret 2022 Diskon Kredit Mobil dan Motor Sampai Dapat Emas Antam!

Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang – memiliki saham di satu perusahaan berisiko tinggi. Jika perusahaan ini mengalami kesulitan, Anda mungkin kehilangan sebagian atau seluruh uang Anda. Sebaliknya, banyak investor memilih untuk menyebarkan risikonya dengan membeli saham di berbagai perusahaan.

Gagasan di balik ini adalah bahwa jika satu saham berkinerja buruk, Anda berharap saham lain yang Anda pilih akan melakukan pekerjaan yang baik untuk menebusnya.

Anda dapat memilih saham individu untuk dibeli sendiri atau Anda dapat mengumpulkan uang Anda dengan orang lain dalam investasi kolektif yang dikenal sebagai dana. Untuk informasi lebih lanjut tentang peti, lihat dana Kebutuhan untuk Tahu kami.

Pasar tidak dapat diprediksi – berinvestasilah secara teratur untuk memperlancar pasang surut. Sangat menggoda untuk mencoba mengatur waktu pasar, tetapi hampir tidak mungkin dan bahkan investor yang paling berpengalaman pun salah. Dengan menarik diri dari pasar setelah saham turun atau mencoba menebak kapan saham akan mencapai puncaknya, Anda bisa kehilangan rebound tajam atau melihat harga turun lagi.

Sebaliknya, banyak investor memilih untuk berinvestasi dalam jumlah kecil secara teratur. Ini akan memberi Anda manfaat tambahan dari sesuatu yang disebut “biaya rata-rata per pon.” Misalnya, investasikan £10.000 untuk membeli saham seharga £10 masing-masing dan Anda memiliki 1.000 lembar saham.

Namun, jika Anda menginvestasikan jumlah yang sama selama dua bulan, Anda akan mendapatkan 500 saham di bulan pertama, tetapi jika harga saham turun menjadi £9,50 di bulan kedua, Anda akan mendapatkan 526 saham.

Hati-hati dengan penipuan saham – Jangan pernah membeli saham dari penelepon yang dingin. Jika seseorang menelepon Anda langsung dari seseorang yang mengundang Anda untuk berinvestasi di saham, katakan “tidak.” Ini hampir pasti merupakan penipuan pos, sering disebut sebagai penipuan “ruang boiler”. Di sini scammers memanggil investor yang menawarkan saham yang tidak berharga, mahal, atau bahkan tidak ada.

Sementara mereka menjanjikan pengembalian yang tinggi, mereka yang berinvestasi biasanya akhirnya kehilangan uang mereka. Dan ingat, jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.

Cara Membeli dan Menjual Saham

Kabar baiknya, jual beli saham tidak rumit. Asalkan perusahaan terdaftar di bursa saham, Anda dapat membeli dan menjual sahamnya.

London Stock Exchange (LSE) adalah bursa saham utama Inggris, mendapatkan berbagai perusahaan termasuk pemain yang sangat besar seperti Marks & Spencer. Lalu ada Pasar Investasi Alternatif (Alternative Investment Market, AIM), yang mencantumkan perusahaan berkembang yang lebih kecil yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Cara Membeli Saham

Cara termudah dan termurah untuk membeli saham adalah online dari Platform Perdagangan Saham (lihat Platform untuk pengujian). Platform ini memungkinkan Anda untuk membeli saham dari perusahaan yang terdaftar.

Baca Juga  Fitur Unggulan dan Link Download Metastock Gratis Terbaru! Cara Cuan Gak Pake Ribet!

Setelah Anda memiliki akun, cukup cari saham yang ingin Anda beli dan pilih jumlah atau nilainya – mana pun yang Anda pilih, Anda harus memiliki cukup dana di akun transaksi Anda untuk menutupi biaya ini dan semua biaya perdagangan.

Terima kutipan yang Anda buat dan saham tersebut kemudian akan muncul di akun Anda dengan platform pilihan Anda (akun Anda dan saham di dalamnya sering disebut sebagai portofolio Anda).

Namun, harga berubah sepanjang waktu, kadang-kadang bahkan antara menempatkan pesanan dan konfirmasi – jadi bersiaplah untuk sedikit perubahan.

Harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan dari pembeli dan penjual potensial pada waktu tertentu – permintaan yang lebih tinggi akan meningkatkan biaya (permintaan yang rendah akan melakukan sebaliknya).

Biaya apa yang harus saya bayar?

Salah satu hal terpenting untuk dipertimbangkan saat membeli, menahan, dan menjual saham adalah berapa biayanya. Hal terpenting yang harus dicari adalah:

  • Biaya Platform: Anda mungkin dikenakan biaya akun bulanan, triwulanan, atau tahunan – baik sebagai biaya tetap atau sebagai persentase dari investasi Anda. Namun, dalam beberapa kasus, ini diabaikan jika Anda melakukan perdagangan dalam jumlah minimum, atau jika akun Anda berukuran tertentu.
  • Biaya Perdagangan: Biaya yang Anda bayarkan setiap kali Anda membeli atau menjual saham. Anda akan sering menemukan diskon untuk pedagang yang sering.
  • Biaya Transfer/Keluar: Beberapa platform akan mengenakan biaya jika Anda ingin mentransfer investasi Anda ke penyedia lain, biasanya untuk setiap perusahaan yang Anda miliki, atau terkadang hanya untuk menutup akun Anda.
  • Bea Materai: Saat membeli saham Inggris, harap membayar bea materai 0,5% dan tambahan £1 untuk transaksi di atas £10.000.

Cara Menjual Saham

Menjual saham semudah membelinya. Situs web setiap platform akan bekerja sedikit berbeda, tetapi prinsipnya sama untuk masing-masing.

Saat menjual, Anda dapat memilih nomor (misalnya, jual 500 atau semua saham) atau nilai (jual saham senilai £500). Setelah Anda melakukan perdagangan, Anda akan diperlihatkan harga kuotasi untuk menjual saham, meskipun sekali lagi ini mungkin berbeda antara mendapatkan kuotasi dan mengeksekusi order jual.

Uang yang Anda hasilkan dari penjualan akan muncul di akun saham Anda.

Kapan saya harus menjual saham saya?

Nah, jika kita tahu ini, kita sudah menjadi jutawan! Biasanya tidak ada gunanya mencoba “mengatur waktu pasar” – ini adalah tempat Anda mencoba membeli saham di level terendahnya dan menjualnya di puncaknya. Ini sulit dilakukan dan biasanya tidak berhasil.

Alih-alih, lihatlah secara jujur ​​saham yang Anda pertimbangkan untuk dijual dan tanyakan pada diri Anda sendiri – apakah menurut saya perusahaan ini akan terus tumbuh? Apakah saya pikir itu akan terus membayar dividen?

Atau lebih baik membelanjakannya pada nilai saat ini dan menggunakannya untuk berinvestasi di perusahaan lain (atau perusahaan) yang menurut saya akan berkinerja lebih baik. Pertanyaan ini (dan jawaban kami untuk itu) dapat membantu Anda dalam pemikiran Anda …

Baca Juga  Rekomendasi Saham Terbaik 2021

T: Saya membeli saham di Perusahaan X beberapa tahun yang lalu. Nilai investasi ini kini telah menurun. Haruskah saya menjualnya atau menyimpannya?

J: Jangan menganggapnya sebagai jumlah yang hilang. Demi kejelasan, mari kita bayangkan itu bernilai £4.000 dan sekarang menjadi £2.000. Masalah besarnya adalah banyak orang kemudian berpikir: “Bagaimana saya bisa menebus kerugian saya?” Namun, itu tidak bekerja seperti itu. Tidak ada aturan “apa yang turun harus datang”. Anda harus melepaskan nilai sebelumnya dan berpikir secara klinis – saya memiliki investasi £2000 di Perusahaan X.

Lupakan semua nilainya dan putuskan sendiri. Ini berarti bahwa pertanyaan sebenarnya yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah – apakah saya bersedia menginvestasikan £2000 di pasar saham sekarang dan jika saya melakukannya, apakah ini investasi yang akan saya pilih? Tidak ada perbedaan profil risiko antara membeli saham baru atau memiliki saham yang sudah lama Anda pegang, itu tidak mengubah kemungkinan apa yang akan terjadi.

Jadi menganggapnya sebagai investasi baru adalah satu-satunya cara.

Platform Perdagangan Saham untuk Dicoba

Pertimbangkan untuk berinvestasi melalui saham dan saham ISA

Sebelum melihat platform perdagangan saham, perlu diketahui bahwa Anda dapat berinvestasi hingga £20.000 dalam saham dan saham ISA. Melakukannya berarti Anda terlindungi dari berbagai pajak yang sering dibebankan pada investasi yang dilakukan di luar ISA. Untuk detail selengkapnya, baca Panduan Saham dan Ekuitas ISA.

Berinvestasi bukanlah bidang keahlian MoneySavingExpert. Jadi, di sini kami tidak memberi tahu Anda apa platform keterlibatan “terbaik” untuk Anda, atau memberi Anda opsi terbaik. Apa yang telah kami lakukan adalah menarik beberapa platform yang lebih murah sehingga Anda memiliki tempat untuk memulai penelitian Anda.

Bagaimana Mengetahui Saham yang Harus Dibeli?

Kami tidak membahas apa yang harus diinvestasikan karena kami tidak pernah ingin memberitahu Anda untuk memasukkan uang Anda ke dalam sesuatu, hanya agar Anda kehilangan uang untuk itu. Situs-situs ini merekomendasikan untuk membeli saham, jadi ini adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian Anda:

  • ADVFN – Berita langsung, daftar pemenang dan pecundang, grafik kinerja untuk masing-masing perusahaan, forum berita dan diskusi.
  • Hargreaves Lansdown* – Menawarkan berita, panduan, dan alat – dan Anda dapat mengunduh panduan gratis tentang cara memilih postingan. Anda juga dapat mendaftar untuk mendapatkan email gratis tentang posting mingguan.
  • Investor Interaktif* – Menyediakan informasi, berita dan forum diskusi.
  • Motley Fool – Banyak informasi khusus perusahaan, termasuk berita, ulasan, dan perbandingan kinerja dana.
  • Citywire – Menampilkan informasi keuangan perusahaan, dan juga merupakan sumber berita. Anda dapat melihat saham dalam portofolio virtual jika Anda mendaftar untuk sebuah akun.

Jika Anda tidak yakin bagaimana berinvestasi dan apa yang akan diinvestasikan, carilah nasihat keuangan independen. Baca panduan nasihat keuangan kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.