Tips Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online
Tips Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online

Tips Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online

Secara tidak langsung, munculnya beberapa bisnis online di masa ini memungkinkan banyak pelaku usaha yang memiliki bisnis offline seakan terpinggirkan. Meskipun demikian, untuk memenangkan persaingan bisnis ini, memang ada baiknya jika Anda juga mengubah bisnis offline tersebut menjadi bisnis online. Untuk itu, simak tips mengubah bisnis offline menjadi online berikut ini!

Tips Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online dengan Mudah dan Cepat

Jika di tahun-tahun sebelumnya, bisnis offline masih menjadi pilihan. Maka kini, seiring berkembangnya bisnis online, memungkinkan bisnis offline menjadi terpinggirkan. Hal ini dikarenakan, pada masa ini, banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara online, dibandingkan berbelanja ke tokonya secara langsung.

Hal ini juga terlihat dari Rekomendasi Ide Usaha Modal 50 Juta rupiah misalnya, yang banyak memilih bisnis online dibandingkan dengan bisnis secara offline. Bukan hanya itu saja, peluang mendapatkan konsumen dalam skala besar juga menjadi lebih memungkinkan dengan menggunakan bisnis online ini.

Karena sejumlah alasan tersebut, maka tidak ada salahnya, jika Anda juga bisa mengubah bisnis offline yang selama ini Anda jalankan, menjadi bisnis yang bisa dilakukan secara online. Tentunya dengan melakukan sejumlah tips beikut ini. Diantaranya:

1.Buatlah Sebuah Website Khusus                 

Tips mengubah bisnis offline menjadi online yang pertama yaitu dengan membuat sebuah website. Dengan demikian, setiap calon pembeli/konsumen bisa langsung mengunjungi wesite tersebut, untuk mengetahui bisnis yang Anda jalankan, dan sejumlah produk yang Anda jual di website tersebut.

Baca Juga  Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare?

2. Promosikan Produk dengan Gambar yang Menarik                 

Pada umumnya, konsumen/pembeli akan mudah tertarik dengan produk-produk online yang ditampilkan dengan gambar yang menarik. Untuk itu, usahakan agar semua produk yang Anda jual secara online, bisa ditampilkan dengan gambar yang semenarik mungkin. Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan fotogafer yang Anda kenal baik.

3. Sertakan Deskripsi Produk dan Informasi Lainnya Secara Lengkap

Bkan hanya sekedar gambar saja, Anda juga perlu menyertakan deskripsi produk serta infomasi lainnya seputar produk yang Anda jual pada website yang Anda buat tersebut. Hal ini dimaksudkan agar konsumen dan calon konsumen bisa langsung mengetahui informasi seputar produk yang mereka cari, tanpa harus bertanya terlebih dahulu kepada Anda, selaku owner.

4. Siapkan Metode Pembayaran yang Beragam      

Selain sejumlah tips diatas, tips mengubah bisnis offline menjadi online lainnya yaitu menyiapkan metode pembayaran. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran pesanan nantinya.

Bukan hanya itu saja, disarankan juga agar Anda bisa menyiapkan metode pembayaran yang beragam. Misalnya melalui tansfer bank, virtual account, ataupun e-wallet, jika memungkinkan. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, setiap konsumen cenderung akan memilih metode pembayaran yang menurut mereka mudah dilakukan.

5. Siapkan Tim Packing

Karena bisnis online biasanya memiliki jangkauan yang lumayan luas. Dalam arti, bisa menjangkau konsumen dengan jarak yang cukup jauh. Maka tentunya Anda akan membutuhkan tim packing untuk menyiapkan setiap pesanan konsumen, yang berada di luar kota, luar pulau, maupun yang berada di luar negeri.

Untuk bisnis online dalam skala kecil, Anda mungkin saja bisa menangani proses packing ini sendiri, tanpa bantuan orang lain. Namun hal ini akan jauh berbeda, jika bisnis online yang Anda jalankan tersebut menjadi lebih besar nantinya. Anda pastinya akan membutuhkan tim packing secara khusus.

Baca Juga  Kode Promo Adiraku Maret 2022 Diskon Kredit Mobil dan Motor Sampai Dapat Emas Antam!

6. Manfaatkan Media Sosial

Di masa ini, siapa sih yang tidak memiliki akun media sosial? Bisa dibilang, hampir semua orang di masa ini memiliki setidaknya 1 akun media sosial. Baik itu media sosial berupa Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya. Dengan kata lain, jika Anda menjual produk Anda melalui media sosial, maka bisa dipastikan, produk tersebut bisa dilihat oleh sebagian besar pengguna media sosial tersebut.

Oleh karena itu, tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengubah bisnis offline menjadi bisnis online yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial, untuk mempomosikan dan menjual produk-produk online yang Anda jual tersebut.

7. Tawarkan Produk di Marketplace dan e-Commerce

Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa menjual produk-produk online di marketplace maupun e-commerce. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak akan terbuka lebar. Anda bisa menawarkan produk-produk Anda di Facebook Ads, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan masih banyak lagi.

Itu dia sejumlah tips mengubah bisnis offline menjadi online yang bisa Anda lakukan. Meskipun nantinya, bisnis yang Anda jalankan tersebut telah menjadi bisnis online, namun bukan berarti bisnis offline Anda menjadi tidak berfungsi lagi. Anda masih bisa menjalankan kedua bisnis tersebut secara bersamaan. Menjalankan bisnis online sekaligus bisnis offline.