Informasi Pelatihan Gratis Bagi UMKM 2023
Informasi Pelatihan Gratis Bagi UMKM 2023

Informasi Pelatihan Gratis Bagi UMKM 2023

Selain menyimak beberapa tips dalam memulai bisnis/usaha, untuk meningkatkan jiwa enterpreneur-mu, maka kamu perlu mengikuti berbagai pelatihan. Sebagai rekomendasi bagimu, berikut ini adalah sejumlah informasi pelatihan gratis bagi UMKM 2023, yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat ini.

Informasi Pelatihan Gratis bagi UMKM 2023

Apakah kamu merupakan pelaku UMKM yang senang mempelajari hal-hal baru, sekaligus memiliki keinginan untuk meningkatkan skill wirausaha yang kamu miliki? Jika memang demikian, maka kiranya informasi pelatihan gratis bagi UMKM 2023 berikut ini akan sangat bermanfaat bagimu.

Kegiatan pelatihan UMKM apa saja yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini? Kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak daftar di bawah ini. Antara lain:

1.Pahlawan Muda Digital untuk UMKM Indonesia (Pandu Indonesia) Batch 1  

Jenis pelatihan UMKM yang sering juga disebut Pandu Indonesia ini merupakan salah satu pelatihan gratis yang diselenggarakan oleh Pusbang Proserti, yang merupakan salah satu divisi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Dimana dalam pelatihan ini, kamu akan mendapatkan ilmu baru seputar bisnis, keamanan siber, dan juga pemasaran digital. Untuk pelaksanaannya sendiri, pelatihan Pandu Indonesia ini akan diselenggarakan secara online, dari tanggal 22 Februari hingga 31 Mei 2023, yang diikuti oleh 2.500 peserta.

Meskipun pelaksanaan pelatihan ini lumayan lama, dan kuota peserta yang disediakan cukup banyak. Namun pelatihan UMKM yang satu ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang menjalankan Ide Usaha Part Time untuk Pekerja Kantoran/Mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebelum tanggal 17 Februari 2023 kemarin. Hal ini dikarenakan batas pendaftaran untuk batch 1 ini hanya sampai tanggal tersebut.

Baca Juga  Diskon Akhir Pekan Promo Indomaret Maret 2022

2. Wiranesia Inkubator 2023              

Informasi pelatihan gratis bagi UMKM 2023 lainnya yang bisa kamu ikuti yaitu pelatihan yang diselenggarakan oleh Wiranesia Foundation, yang dikenal dengan program Wiranesia Inkubator 2023.

Dimana pelatihan UMKM yang satu ini ditujukan bagi para pelaku UMKM yang ingin menambah skill yang berkaitan dengan penggunaan teknologi digital dalam menjalankan bisnis/usaha, yang dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran model canvas.

Bukan hanya itu saja, dalam pelatihan ini juga, nantinya kamu akan diberikan beberapa materi berupa enterpreneur mindset, digitalpreneur, business plan, dan juga materi mengenai sales and marketing strategy.

Sekedar informasi, Wiranesia Foundation telah menyelenggarakan sejumlah pelatihan UMKM Wiranesia Inkubator ini dari tahun 2021 kemarin. Untuk tahun 2023 ini, program pelatihan ini telah memasuki batch 2. Bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan ini, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran di situs Wiranesia.

3. Entrepeneur Development 2023

Satu lagi program pelatihan gratis bagi UMKM yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat ini. Dimana pelatihan yang dikenal dengan Entrepeneur Development 2023 ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberdayakan seluruh pelaku UMKM yang ada di Indonesia, agar bisa meningkatkan omset usahanya.

Adapun persyaratan yang  perlu kamu penuhi untuk mengikuti pelatihan ini antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia antara 18 hingga 39 tahun
  • Memiliki jiwa enterpreneur
  • Memiiliki usaha di bidang kriya/jasa/teknologi/agrobisnis
  • Berorientasi pada pertumbuhan dan kelanjutan usaha yang kini dijalankan
  • Memiliki NIB, dan
  • Memiliki karyawan tetap/tidak tetap

Untuk mengikuti pelatihan ini, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran di form Entrepeneur Development 2023 yang telah disediakan. Karena batas pendaftaran pelatihan ini hingga 5 Maret 2023, maka kamu memiliki cukup waktu untuk melengkapi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga  5+ Jenis Usaha yang Terinspirasi dari Hobi

Demikian informasi pelatihan gratis bagi UMKM yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat ini. Semoga informasi diatas bisa membantumu untuk menentukan pelatihan yang sesuai dengan jenis usaha yang kamu miliki, yang tentunya bisa meningkatkan skill-mu di bidang bisnis/usaha ini.