10 Sales Soft Skills meningkatkan Penjualan www.bacatimes.com

10 Sales Soft Skills Yang Akan Membantu Anda Meningkatkan Penjualan dan Membuat Penjualan Anda Laris Manis

Apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam menutup penjualan? Atau mungkin Anda merasa bahwa Anda memiliki pengetahuan produk yang luas tetapi masih belum bisa mencapai target penjualan Anda? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak sales profesional yang mengalami hal yang sama. Namun, kunci sukses dalam penjualan tidak hanya terletak pada pengetahuan produk atau teknis semata, tetapi juga pada penguasaan soft skills. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 sales soft skills yang akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan membuat penjualan Anda laris manis.

Berikut adalah 10 Soft Skill yang harus Anda kuasai untuk membuat penjualan Anda laris manis:

  1. Rapport: Kemampuan membangun relasi dengan cepat dan membangun rasa percaya secara natural. Anda harus menunjukkan ketulusan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
  2. Set Ekspektasi: Kemampuan Anda dalam memberikan arahan agar apa yang dijual dirasakan profesional oleh prospek.
  3. Empati: Kemampuan mengenal motivasi orang dan mengenal ‘hot button’ prospect. Jadi, Anda harus bisa mengenal kebutuhan dan motivasi pelanggan Anda.
  4. Antisipasi Kebutuhan: Anda harus bisa menunjukkan value dan mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda.
  5. Attraction: Menampilkan diri sebagai orang yang bisa dipercaya, mulai dari cara bicara, berdandan, dan menyampaikan pendapat.
  6. Fleksibilitas: Kemampuan untuk membaca situasi dan merubah sikap atau perilaku Anda sesuai dengan situasi tersebut.
  7. Discovering: Kemampuan untuk mengungkap kebutuhan pelanggan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
  8. Encapsulation: Kemampuan untuk membuat sesuatu yang kompleks menjadi sederhana.
  9. Storytelling: Kemampuan untuk menceritakan sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda.
  10. Cross-Selling: Kemampuan untuk menawarkan produk lain yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Penelitian menunjukkan bahwa sikap mempengaruhi penutupan penjualan sebanyak 89%, sedangkan pengetahuan teknis hanya berpengaruh 11%. Ini berarti bahwa memiliki sikap yang baik dan kemampuan berinteraksi dengan orang sangat penting dalam menutup penjualan. Salah satu soft skill penting adalah kemampuan membangun rapport. Rapport adalah kemampuan untuk membangun relasi dengan cepat, membangun rasa percaya secara alami, dan menunjukkan ketulusan dalam menjalin hubungan baik. Selain itu, kemampuan untuk mengatur ekspektasi, berempati, mengantisipasi kebutuhan, dan menarik perhatian juga sangat penting dalam penjualan.

Baca Juga  Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan

Kemampuan lain yang perlu dikuasai adalah fleksibilitas, kemampuan untuk menemukan dan mengungkap kebutuhan pelanggan, menyederhanakan informasi yang kompleks, storytelling, dan cross-selling. Mengembangkan soft skills ini akan membantu Anda untuk lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda. Ingatlah bahwa penjualan tidak hanya tentang produk, tetapi juga tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhannya.

Dalam rangkuman, memiliki pengetahuan produk yang baik adalah penting, tetapi tidak cukup untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan. Anda juga perlu mengembangkan soft skills Anda untuk menjadi sales profesional yang sukses. Mulailah dengan memahami kebutuhan pelanggan, membangun hubungan yang baik dengan mereka, dan berkomunikasi dengan cara yang efektif. Dengan menguasai 10 sales soft skills ini, Anda akan lebih mudah mencapai target penjualan Anda dan membuat penjualan Anda laris manis.

FAQ:

  1. Apa itu soft skills dalam penjualan? Soft skills dalam penjualan adalah keterampilan interpersonal yang membantu Anda berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang lebih efektif, seperti kemampuan berkomunikasi, berempati, dan mengatasi keberatan.
  2. Mengapa soft skills penting dalam penjualan? Soft skills penting dalam penjualan karena membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.
  3. Apa saja contoh soft skills yang penting dalam penjualan? Beberapa contoh soft skills yang penting dalam penjualan adalah kemampuan berkomunikasi, berempati, mengatasi keberatan, membangun hubungan, dan mengelola waktu dengan efektif.
  4. Bagaimana cara mengembangkan soft skills dalam penjualan? Untuk mengembangkan soft skills dalam penjualan, Anda dapat mulai dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda, berlatih berempati, dan memahami kebutuhan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan pengembangan soft skills.
  5. Apakah pengetahuan produk lebih penting daripada soft skills dalam penjualan? Keduanya penting dalam penjualan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sikap mempengaruhi penutupan penjualan sebanyak 89%, sedangkan pengetahuan teknis hanya berpengaruh 11%. Ini berarti bahwa memiliki sikap yang baik dan kemampuan berinteraksi dengan orang sangat penting dalam menutup penjualan.
  6. Apa itu rapport dan mengapa itu penting dalam penjualan? Rapport adalah kemampuan untuk membangun relasi dengan cepat, membangun rasa percaya secara alami, dan menunjukkan ketulusan dalam menjalin hubungan baik. Ini penting dalam penjualan karena membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan Anda.
  7. Bagaimana cara membangun rapport dengan pelanggan? Untuk membangun rapport dengan pelanggan, Anda dapat mulai dengan menunjukkan ketertarikan pada kebutuhan dan keinginan mereka, mendengarkan dengan seksama, dan menunjukkan empati. Selain itu, Anda juga perlu menunjukkan sikap yang positif dan ramah.
  8. Apa itu cross-selling dan bagaimana cara melakukannya dengan efektif? Cross-selling adalah teknik penjualan di mana Anda menawarkan produk atau jasa tambahan yang relevan dengan pembelian pelanggan. Untuk melakukannya dengan efektif, Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan produk atau jasa tambahan yang benar-benar membantu mereka.
  9. Mengapa storytelling penting dalam penjualan? Storytelling penting dalam penjualan karena membantu Anda menjelaskan produk atau jasa Anda dengan cara yang lebih menarik dan menggugah emosi pelanggan. Ini akan membantu Anda meningkatkan daya tarik produk atau jasa Anda dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.
  10. Bagaimana cara mengatasi keberatan pelanggan dengan efektif? Untuk mengatasi keberatan pelanggan dengan efektif, Anda perlu mendengarkan keberatan mereka dengan seksama, menunjukkan empati, dan kemudian menawarkan solusi yang membantu mengatasi masalah mereka. Selain itu, Anda juga perlu menunjukkan sikap yang positif dan percaya diri.
Baca Juga  Nekat Lawan Lalu Lintas Demi Foto Estetis, Wanita ini Dihujani Klakson!

 

Sumber:
10 SALES SOFT SKILL YANG AKAN MEMBUAT PENJUALAN LARIS – YouTube https://www.youtube.com/watch?v=ZtYDhx_i9dU