Cara Mengajukan KUR BRI
Cara Mengajukan KUR BRI

Cara Mengajukan KUR BRI

Dalam menjalankan suatu usaha, modal menjadi hal yang sangat penting. Meskipun demikian, tidak sedikit pelaku usaha yang mengaku kekurangan modal. Bagi kamu yang juga mengalami hal tersebut, kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan modal usaha dari BRI dengan cara mengajukan KUR BRI berikut ini.

Apa Itu KUR BRI? dan Bagaimana Cara Mengajukan KUR BRI?

Meskipun kini, banyak pelaku usaha yang telah menerima KUR BRI, namun tidak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak pelaku UMKM lainnya yang belum mengetahui mengenai program kredit yang diberikan oleh salah satu bank pemerintah yang satu ini.

Secara umum, Kredit Usaha Rakyat BRI atau yang lebih dikenal dengan KUR BRI merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan melalui pemberian kredit usaha kepada seluruh pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Dimana proses pelaksanaannya dilakukan oleh salah satu bank milik pemerintah, yang tak lain adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sementara batas pinjaman kredit yang diberikan yaitu hingga nominal 500 juta rupiah, dengan suku bunga sekitar 6%.

Bagaimana cara untuk mendapatkan KUR BRI ini? Bisa dibilang, cara untuk mengajukan KUR BRI  ini tidak sama dengan Cara Mendaftar BPUM dengan Mudah. Dimana untuk mendapatkan KUR BRI ini, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut ini. Antara lain:

1.Kunjungi Situs KUR BRI dan Mulai Melakukan Pendaftaran      

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengajukan KUR BRI yaitu dengan mengunjungi situs resminya di laman kur.bri.co.id. Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan melakukan langkah-langkah berikut ini. Antara lain:

  • Cari dan klik opsi ajukan pinjaman
  • Kemudian lanjutkan dengan melakukan login jika sebelumnya kamu telah memiliki akun Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI. Namun jika kamu belum memilikinya, maka kamu bisa menge-klik opsi daftar
  • Khusus bagi kamu yang belum memiliki akun, maka kamu bisa membuat akun KUR dari BRI ini dengan menggunakan alamat email, nomor telepon, maupun akun Google
  • Jika langkah diatas telah kamu lakukan, maka untuk selanjutnya, kamu tinggal menunggu verifikasi dari pihak BRI, yang biasanya dikirimkan melalui email
  • Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan setelah menerima verifikasi yaitu dengan melakukan login kembali ke situs bri.co.id. dengan menggunakan email dan juga password yang telah kamu buat sebelumnya
Baca Juga  Modal Usaha Cuci Motor: Tips dan Strategi untuk Sukses dalam Bisnis Cuci Motor

2. Klik Opsi Ajukan Pinjaman Kredit              

Setelah kamu berhasil membuat akun untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini, maka cara mengajukan KUR BRI lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menge-klik opsi ajukan pinjaman kredit. Adapun caranya kurang lebih seperti berikut ini:

  • Cari dan klik opsi ajukan pinjaman kredit
  • Lanjutkan dengan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pinjaman kredit dari BRI ini
  • Jika kamu telah selesai membaca dan menyetujui semua syarat dan ketentuan tersebut, maka kamu bisa langsung menge-klik opsi “saya adalah nasabah BRI
  • Kemudian lanjutkan dengan menge-klik opsi setuju dan ajukan pinjaman
  • Jika langkah-langkah diatas telah kamu lakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menge-klik opsi “i’m not a robot

3. Mengisi Data Diri dan Informasi Lainnya yang Dibutuhkan

Pada tahap ini, biasanya kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengisi data diri secara lengkap yang meliputi nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, dan data diri yang lainnya.

Barulah kemudian, kamu bisa mengisi kolom mengenai jenis usaha yang kamu jalankan, nominal penghasilan yang biasanya kamu peroleh dalam setiap bulannya, biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha, nomor rekening  BRI, dan yang lainnya.

4. Mengunggah Dokumen yang Diperlukan   

Sebagai bukti dari semua informasi yang kamu tulis dalam kolom data diri dan juga kolom mengenai jenis usaha diatas, maka kamu perlu mengupload/mengunggah sejumlah dokumen yang meliputi:

  • Fotokopi KTP
  • Pasfoto
  • Surat keterangan usaha, dan
  • Foto usaha

5. Mengisi Jumlah Pinjaman yang Diajukan

Jika dokumen-dokumen tersebut telah kamu unggah (upload), maka selanjutnya kamu bisa beralih ke halaman selanjutnya, yang ada dalam situs KUR BRI tersebut. Dimana dalam kolom ini, kamu perlu melakukan sejumlah langkah-langkah berikut ini. Antara lain:

  • Mengisi data mengenai nominal pengajuan kredit
  • Menge-klik opsi hitung angsuran, untuk melihat jumlah angsuran yang nantinya harus kamu bayarkan setiap bulannya
  • Menge-klik opsi ajukan pinjaman untuk memulai pengajuan KUR BRI
  • Tunggu beberapa saat hingga pihak BRI memberikan notifikasi mengenai pengajuan kredit yang kamu lakukan. Dalam arti apakah pengajuan kredit tersebut disetujui atau tidak
Baca Juga  Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Ikan Hias?

Dengan kata lain, jika cara mengajukan KUR BRI yang kamu lakukan telah benar, dan pengajuan kredit tersebut telah disetujui oleh pihak BRI. Maka pihak BRI biasanya akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk melakukan pencairan dana KUR tersebut.

Namun jika ternyata pengajuan kredit yang kamu lakukan belum disetujui, maka kamu perlu melakukan pengecekan kembali apakah ada langkah-langkah yang kamu lewati, maupun ada beberapa dokumen yang belum kamu unggah (upload). Untuk mengajukan kredit kembali, kamu perlu melakukan langkah-langkah diatas dari awal, dalam arti dari poin pertama hingga poin akhir seperti yang telah kita bahas diatas.