Ini Dia Cara Menggunakan Etherscan dengan Mudah! Yang Mau Cuan Wajib Tahu!

Bacatimes.com – Jika kamu seorang trader atau pengguna jaringan Ethereum, kamu harus tahu cara menggunakan Etherscan berikut ini.

Cara menggunakan Etherscan tidaklah sulit, kamu hanya perlu menggunakan kolom pencarian yang sudah disediakan di situs web tersebut.

Setelah kamu mengerti cara menggunakan Etherscan, kamu dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi penting seputar penggunaan Ethereum.

Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak penjelasan dan juga beberapa fitur penting yang dimiliki oleh Etherscan berikut ini!

 

Baca Juga  Analisis JKON Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E, Masih Layak Dikoleksi?

 

Apa Itu Etherscan?

Mirip dengan peramban blockchain lainnya, fungsi utama situs web Etherscan adalah untuk mencari informasi seputar penggunaan blockchain Ethereum.

Dengan menggunakan layanan Etherscan, kamu bisa mencari sejarah transaksi, alamat dompet, kontrak, dan informasi terkait Ethereum lainnya.

Fungsi utama peramban blockchain Etherscan secara sederhana bisa dibilang mirip dengan fungsi mesin pencari Google yang dikhususkan untuk jaringan Ethereum.

Etherscan memungkinkan transparansi blockchain Ethereum. Pengguna bisa menemukan informasi apapun yang mereka butuhkan lewat ‘mesin pencari’ tersebut.

Situs web ini mengindeks blockchain Ethereum. Hasilnya, semua orang mendapatkan akses penuh ke ekosistem blockchain tersebut.

 

Baca Juga  Link Nonton Drama China Hello Mr Gu Sub Indo Episode 1 - 30, Kisah Cinta CEO yang Takut Kerumunan

 

Mencari Transaksi lewat Etherscan

Etherscan memiliki banyak fitur yang bisa secara mudah dan bebas diakses oleh siapapun. Langkah pertama adalah membuka situs web etherscan.io

Di situs tersebut, kamu bisa melakukan pencarian transaksi dengan memasukkan ID transaksi di kolom percarian yang tersedia di sebelah atas.

Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa memasukkan salah satu dari dua alamat dompet yang terlibat di dalam transaksi yang dimaksud.

Saat mencari dompet atau ID transaksi, kamu bisa melihat semua detail seperti TxHash, nomor blok, waktu transaksi, pengirim dan penerima, nilai, dan biaya.

 

Baca Juga  Viral Video Pasangan Beda Usia Bikin Iri, Warganet Ingin Berguru!

 

Menemukan Airdrops dengan Etherscan

Beberapa waktu yang lalu, Etherscan menghadirkan fitur baru yang bisa mendukung penggunaan sistem airdrop untuk jaringan Ethereum.

Meskipun kamu tidak akan bisa mengklaim token airdrop dari setiap event, sistem ini akan memberi gambaran umum tentang event airdrop yang sedang aktif.

Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang ingin memeriksa kelayakan airdrop tertentu meski tampaknya tidak memasukkan event mendatang.

 

Baca Juga  Video Viral Ayah Jualan Sambil Pikul Anak di Jalanan, Bikin Warganet Banjir Air Mata!

 

Penutup

Itu dia informasi ringkas tentang mesin pencari blockchain Ehtereum berikut beberapa fungsi dan cara menggunakan Etherscan dengan mudah.

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, selamat mencoba!

 

***