Identitas Satoshi Nakamoto Sosok Misterius Dibalik Penciptaan BitCoin

BacaTimes.com – Ketike berbicara tentang siapa yang menciptakan BitCoin, nama Satoshi Nakamoto hampir selalu muncul sebagai salah satu pemain kunci.

Selain keterlibatannya dalam awal mula BitCoin, tidak banyak yang diketahui mengenai Satoshi Nakamoto. Meski begitu namanya sudah menjadi legenda dan diusung sebagai ayah dari BitCoin.

Tidak dapat dipungkiri banyak sumber dan bahkan para pengembang dan petinggi BitCoin yang mengakui nama Satoshi Nakamoto sebagai dalang dari teknologi yang sekarang populer itu.

Lantas siapa tokoh dibalik nama Satoshi Nakamoto dan apa saja jasanya di bidang mata uang kripto dan blockchain? Berikut liputan menganai sosok misterius tersebut.

Baca Juga  Arti Kata-Kata Putin Uraa di Akhir Pidato yang Viral di TikTok

Sejarah Satoshi Nakamoto dan BitCoin

Sekitar Pertengahan tahun 2009, seseorang dengan nama ‘Satoshi Nakamoto’ menerbitkan artikel lembar putih mengenai BitCoin melalui mailing list Cypherpunk milik Metzdowd.com.

Pada saat itu tidak banyak yang mengira bahwa ide sistem mata uang terdesentralisir akan menjadi salah satu bisnis yang menggunakan energi terbesar di tahun 2022.

Satoshi sendiri dikenal sering mengunjungi berbagai forum teknologi tetapi di luar itu identitasnya masih sepenuhnya terselubung.

Meski begitu, petunjuk mengenai siapa Satoshi Nakamoto sebenarnya masih bisa ditemukan dalam gerak-geriknya di dunia virtual.

Baca Juga  Apa Itu Bitcoin Loophole Serta Cara Menggunakannya

Mengungkap Identitas Satoshi Nakamoto Pencipta BitCoin

Semasa awal pengembangan BitCoin, Satoshi Nakamoto diduga berhasil meraup kurang lebih 725.000 – 1,1 juta unit BitCoin, atau sekitar 647.147.250.000 rupiah!

Kesempatan untuk mengungkapkan identitas asli Satoshi Nakamoto datang ketika di tahun 2009 ketika dana sebesar 40 unit BitCoin meyang diduga merupakan Satoshi.

Sayangnya, selain alamat wallet yang cukup tua tidak ada bukti cukup yang bisa membuktikan bahwa  dana tersebut dicairkan oeh Satoshi Nakamoto.

Sistem finansial BitCoin yang sangat sulit dilacak dan terdesentralisir pun berhasil membuat jejak-jejak Satoshi semakin sulit untuk dikejar.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Satoshi Nakamoto sebenarnya adalah nama samaran dari Craig Wright, salah satu pendiri BitCoin yang menjabat sebagai salah satu petinggi mata uang kripto tersebut.

Baca Juga  Sultan Mandi Uang Viral di TikTok, Warganet Minta Bagian!

Penutup

Terlepas dari segala macam misterinya, Satoshi Nakamoto masih menjadi nama yang misterius dan juga mengundang rasa hormat terhadap programer yang satu ini.

Demikian beberapa petunjuk mengenai identitas asli Satoshi Nakamura. Semoga artikel ini bisa meningkatkan wawasan sekaligus menghibur, sampai jumpa lagi di artikel-artikel investasi berikutnya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published.