Asal-Usul dan Pengertian Metaverse Ternyata Ini Fakta Sejarahnya!

BacaTimes.com – Belakangan pengertian Metaverse menjadi salah satu topik hangat yang bahkan dibincangkan di televisi dan berbagai media berita.

Benarkah pengertian Metaverse sudah sesuai dengan teknologi yang kita miliki untuk membangunnya saat ini?

Lantas akankah pengertian Metaverse berubah lagi di masa depan? Ikuti pembahasannya di artikel berikut ini!

Baca Juga  Ini Fakta Superman Mining Penghasil Kripto, Aman atau Scam?

Pengertian Metaverse

Pada saat ini, belum ada definisi pasti mengenai apa itu Metaverse, tetapi secara umum Metaverse adalah dunia virtual berbasis 3 dimensi yang dihuni oleh ‘avatar’ para penggunanya.

Konsep ini akhir-akhir ini kembali diangkat oleh Facebook yang berambisi untuk membentuk dunia virtualnya sendiri agar para pengguna VR memiliki tempat untuk berkumpul.

Meski begitu, Metaverse tidak terbatas hanya untuk dunia virtual garapan Facebook. Konsep ini memiliki arti yang cukup luas dan memiliki kaitan yang erat dengan media sosial dan game.

Bahkan belakangan penyanyi kondang Anang Hermansyah juga berambisi untuk membangun Nusantara Metaverse.

Baca Juga  Benarkah Token Asix Anang Adalah Investasi yang Aman? Berikut Penjelasannya

Asal-Usul Kata Metaverse

Istilah Metaverse pertama kali muncul di dalam novel “Snow Crash” karangan Neal Stephenson yang bertema cyberpunk, yaitu dunia berteknologi tinggi namun miskin.

Metaverse adalah dunia virtual yang terhubung melalui internet di mana setiap orang akan diwakili wujudnya oleh avatar masing-masing.

Dalam versi Stephenson, Metaverse adalah tempat semua orang bisa menjadi apa pun yang diinginkan selama memiliki kemampuan ekonomi atau hacking yang mencukupi.

Konsep awal ini kemudian menjadi inspirasi berbagai penulis yang kemudian menciptakan dunia virtual mereka sendiri, seperti  ‘The Oasis’ dalam “Ready Player One” dan ‘The Matrix’ dalam trilogi “The Matrix.”

Baca Juga  Apa itu Faucet Crypto dan Benarkah Bisa Dapat 5 BitCoin?

Penutup

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat banyak pebisnis tidak hanya melihat potensi ekonomi di dunia nyata, tetapi juga dunia virtual.

Untuk sekarang, Mark Zuckerberg dengan Facebook berhasil mencuri start dalam pengembangan Metaverse, tetapi kemungkinan besar tidak akan menjadi yang terakhir.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memperluas wawasan para pembaca, sampai jumpa lagi di artikel-artikel menarik berikutnya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published.