Kisaran Modal untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare
Kisaran Modal untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Kisaran Modal untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Setelah mengetahui mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan juga 6+ Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalankan Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare, maka kini, kamu bisa memperhitungkan modal yang akan kamu keluarkan nantinya untuk usaha tersebut. Untuk itu, kamu perlu menyimak informasi mengenai kisaran modal untuk usaha maklon kosmetik dan skincare yang akan dibahas berikut ini.

Kisaran Modal untuk Usaha Maklon Kosmetik dan Skincare

Untuk memulai usaha maklon kosmetik dan skincare ini, kamu tidak hanya diharuskan untuk memikirkan modal untuk produksi produk saja. Melainkan juga modal yang dibutuhkan untuk desain produk, sampel, hingga biaya untuk mendaftarkan merk dan mendapatkan sertifikasi produk.

Dengan kata lain, sebelum kamu memutuskan untuk mengeluarkan modal usaha, kamu perlu memperhitungkan mengenai besaran biaya untuk beberapa tahapan yang disebutkan diatas. Lalu berapa kisaran modal untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini?

Ada beberapa sumber yang menyebutkan, bahwa kisaran modal untuk usaha maklon kedua produk kecantikan ini yaitu mulai dari 50 juta hingga 250 juta rupiah. Tergantung dari jumlah produk kosmetik dan skincare yang ingin dijual, serta proses pendaftaran produk yang dilakukan.

Dengan kata lain, besar kecilnya modal usaha maklon kosmetik dan skincare ini ditentukan oleh kapasitas produk dan juga proses pengajuan untuk sertifikasi produk, dan pendaftaran merk ke Dirjen HKI.

Sebagaimana diketahui, sebagai pemilik usaha maklon kosmetik, kamu perlu mendaftarkan produk kamu ke Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk mendapatkan sertifikasi halal, sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta legalitas merk/brand yang kamu pakai, yang diterbitkan oleh Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Baca Juga  Tips Mengubah Bisnis Offline Menjadi Online

Dimana semua proses tersebut penting untuk dilakukan, agar produk kosmetik dan skincare yang kamu produksi nantinya bisa dijual secara bebas (legal) di pasaran. Tujuan lainnya tentunya agar merk/brand yang kamu gunakan, tidak dipakai oleh pemilik usaha maklon kosmetik dan skincare lainnya, yang merupakan saingan/kompetitormu.

Tahapan dan Fasilitas Maklon yang Bisa Diperoleh dengan Jumlah Modal yang Dikeluarkan

Meskipun tahapan pendaftaran produk/brand ini wajib dilakukan, namun karena keterbatasan modal, memungkinkan tidak semua pelaku usaha maklon tersebut bisa mendaftarkan produk/brand yang mereka miliki secara penuh.

Ada beberapa diantaranya yang berinisiatif untuk mendapftarkan produknya terlebih dahulu ke BPOM, namun belum sempat mengajukan sertifikasi halal dari MUI, ataupun mendapatkan legalitas brand/merk dari HKI, dan semacamnya.

Hal ini pulalah sebenarnya, yang membedakan kisaran modal untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini. Dimana modal dengan kisaran 50 juta rupiah, tentunya akan mendapat fasilitas yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemilik usaha maklon yang mengeluarkan modal dengan jumlah 100 juta, 150 juta, 200 juta, ataupun yang telah mengeluarkan modal sebanyak 250 juta rupiah.

Sebagai gambaran bagi kamu, berikut ini adalah sejumlah fasilitas ataupun tahapan yang bisa kamu lakukan dengan jumlah modal yang kamu keluarkan. Diantaranya:

1.Modal 50 Juta Rupiah            

Dengan modal 50 juta rupiah ini, biasanya kamu bisa melakukan beberapa tahapan seperti berikut ini. Diantaranya:

  • Tahapan pengujian produk
  • Tahapan pembuatan sampel produk
  • Tahapan pendaftaran sertifikasi produk dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Tahapan pembuatan kemasan, serta
  • Tahapan produksi untuk 3.000 pcs produk kosmetik/skincare

2. Modal 100 Juta Rupiah

Dari penjelasan pada poin diatas bisa diketahui bahwa dengan kisaran modal untuk usaha maklon kosmetik dan skincare senilai 50 juta rupiah tersebut, kamu hanya akan mendapatkan sertifikasi produk dari BPOM saja. Namun tidak dengan sertifikasi halal dari MUI dan juga legalitas merk dari HKI.

Baca Juga  Tips Bisnis Beras 2021 Praktis Tanpa Ribet

Bagaimana jika kamu mengeluarkan modal sebesar 100 juta rupiah? Apakah kamu bisa mendapatkan semua sertifikasi dan legalitas tersebut? Pada umumnya, pelaku usaha maklon kosmetik dan skincare yang memiliki modal sebesar 100 juta rupiah, bisa melakukan sejumlah tahapan berikut ini. Antara lain:

  • Tahapan pengujian laboratorium
  • Tahapan pembuatan sampel
  • Tahapan pembuatan kemasan produk
  • Tahapan pendaftaran produk ke BPOM dan juga legalitas merk/brand ke HKI, serta
  • Tahapan produksi dengan jumlah produk sebanyak 3.000 pcs

3. Modal 250 Juta Rupiah

Jika dengan modal sebesar 100 juta rupiah tersebut, proses pengajuan sertifikasi halal dari MUI belum bisa kamu dapatkan. Maka dengan modal 250 juta rupiah ini, kamu bisa melakukan semua tahapan untuk menjalankan usaha maklon kosmetik dan skincare ini.

Dimana tahapan yang dimaksud terdiri dari sejumlah tahapan yang telah disebutkan pada kedua poin diatas, dengan tambahan sertifikasi halal dari MUI, serta penambahan produk yang akan disesuaikan dengan keinginanmu sendiri.

Dari penjelasan diatas bisa diketahui, bahwa kisaran modal untuk usaha maklon kosmetik dan skincare ini bisa dimulai dengan budget sekitar 50 juta rupiah. Namun untuk mendapatkan fasilitas yang banyak, serta sertifikasi dan legalitas produk yang lengkap, maka kamu perlu menyiapkan modal kurang lebih sekitar 250 juta rupiah.